Indonesia Saatnya Rebut Emas

  • Bagikan

Nampak pemain Timnas Indonesia. Malam nanti akan menghadapi Timnas Thailand di final. --pssi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, KAMBOJA-- Partai hidup mati akan dilakoni Indonesia pada babak final sepakbola SEA Games 2023.

Ramadhan Sananta cs akan menjajal Thailand pada final, di Olympic Stadium, Phnom Penh, Selasa 16 Mei 2023. Laga antara Indonesia vs Thailand akan dimainkan mulai pukul 20.30 Wita, live di RCTI.

Indonesia melaju ke final usai menang 3-2 atas Vietnam pada babak semifinal. Garuda Muda menang usai Taufani Muslihuddin bikin gol pada menit 90+6. Indonesia menang walau Pratama Arhan mendapat kartu merah.

Thailand melaju dengan cukup mulus ke babak final. Thailand menang dengan skor 3-0 dari Myanmar pada babak semifinal. Thailand menang dengan meyakinkan dan diyakini bakal menjadi lawan sulit untuk Indonesia.

Ini adalah kali keempat Indonesia vs Thailand terjadi di final sepak bola SEA Games setelah pada 1991, 1997 dan 2003. Dari tiga final itu Indonesia satu kali menjadi juara pada 1991.

Bagi pelatih Indonesia, Indra Sjafri, ini adalah final keduanya di SEA Games setelah pada 2019 dikalahkan Vietnam 0-3 di laga perebutan medali emas.

Indra Sjafri memastikan seluruh pemain Timnas Indonesia U-22, kecuali Pratama Arhan yang absen karena kartu merah, siap menghadapi Thailand di final SEA Games 2023.

"Saya dan tim analisa performa sudah menilai dan me-record semua pertandingan Thailand, dan tadi jam 8-11 kita sudah menganalisa semua pertandingan mereka, apa kekurangan dan kelebihan mereka dan bagaimana cara merespons mereka," ujar Indra Sjafri, Senin (15/5).

Pertandingan Indonesia vs Thailand merupakan usaha terbaru bagi tim Merah Putih mengakhiri paceklik medali emas cabang sepak bola di SEA Games setelah kali terakhir terjadi pada 1991.

"Tentu kami meminta support-nya dan mudah-mudahan atas izin Allah, besok kita mewujudkan keinginan kita di mana sudah 32 tahun tidak medali emas," ujar Indra Sjafri.

Hanya saja, Timnas Indonesia mendapat kabar buruk jelang laga final. Bek kiri Pratama Arhan harus absen. Pemain asal klub Tokyo Verdy tersebut mendapat kartu merah pada babak semifinal melawan Vietnam.

"Saya pikir regulasi tidak membolehkan, tapi setelah ini tim kami sedang baca regulasinya apakah ada pemutihan," ucap pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.

Indra Sjafri punya beberapa opsi untuk peran bek kiri. Haykal Alhafiz atau Alfeandra Dewangga bisa bermain untuk posisi bek kiri. Ini akan menjadi pilihan yang sulit bagi Indra Sjafri. Alhafiz minim pengalaman dan tenaga Dewangga dibutuhkan di lini tengah.

Indonesia tidak pernah kalah sejak fase grup SEA Games 2023. Indonesia juga punya catatan bagus dengan hanya tiga kali kebobolan dan mampu 16 gol. Simak hasil yang didapat Indonesia di bawah ini:

Hasil fase grup:

Indonesia 3-0 Filipina (Marselino Ferdinand 45', Irfan Jauhari 89', Fajar Fathur Rahman 90+1')

Indonesia 5 vs 0 Myanmar (Marselino Ferdinan 19', Ramadhan Sananta 31' (P), 60', Fajar Fathur Rahman 74', Titan Agung 87')

Timor Leste 0-3 Indonesia (Ramadhan Sananta 44', Fajar Fathur Rahman 62', 74')

Kamboja 1- 2 Indonesia (Sin Sovannmakara 45+1'; Titan Agung 9', Beckham Putra 51')

Hasil semifinal:

Indonesia 3-1 Vietnam (Komang Teguh 9', Muhammd Ferarri 53', Taufani Muslihuddin 90+6' Nguyen Van Tung 36', Baga Kaffa 79'-Bd)

Road to Final: Thailand

Seperti Indonesia, Thailand juga belum pernah kalah sejak fase grup. Tim racikan Issara Sritaro juga tak pernah kalah sejak fase grup. Namun, Thailand sempat bermain imbang 1-1 pada laga terakhir fase grup.

Hasil fase grup:

Thailand 3-0 Singapura (Teerasak 7', Achitpol 38', Purachet 49')

Thailand 2-0 Malaysia (Anan Yodsangwal 73', Yotsakorn Burapha 84')

Laos 1-4 Thailand (Roman 90+2'-p; Yotsakorn Burapha 2', 40', Teerasak Poephimai 5', 52')

Vietnam 1-1 Thailand (Le Quoc Nhat Nam 55'; Achitpol Keereerom 2')

Hasil semifinal:

Thailand 3-0 Myanmar (Teerasak Poeiphimai 37', Pitchaya James 85, Anan Yodsangwal 90+7)

Jadwal Final SEA Games 2023

Indonesia vs Thailand
Olympic Stadium
Selasa, 16 Mei 2023
20.30 Wita
Siaran langsung: RCTI
Live streaming: RCTI+
Link streaming: https://www.rctiplus.com/tv/rct

Tim yang kalah pada babak semifinal tak langsung pulang dengan tangan hampa. Masih ada medali perunggu yang bisa didapat. Sedangkan, tim yang menang pada babak semifinal akan berlaga di final. Berikut adalah jadwal dan formatnya:

Medali Perunggu

Selasa, 16 Mei 2023
17.00 Wita: Vietnam vs Myanmar

Medali Emas

Selasa, 16 Mei 2023
20.30 Wita: Indonesia vs Thailand

Top Skor SEA Games 2023

5 Gol: Nguyen Van Tung (Vietnam)

4 Gol: M Fajar Fathur Rahman (Indonesia), Saravanan Thirumurugan (Malaysia), Teerasak Poeiphimai (Thailand)

3 Gol: Ramadhan Sananta (Indonesia), Yotsakor Burapha (Thailand), Theit Hein Soe (Myanmar)

2 Gol: Chou Sinti (Kamboja), Marselino Ferdinan (Indonesia), Achitpol Keereerom (Thailand)

1 Gol:Irfan Jauhari (Indonesia), Sor Rotana (Kamboja), Lim Pisoth (Kamboja), Achitpol Keereerom (Thailand), Purachet Thodsanit (Thailand), Nicky Melvin Singh (Singapura), Nguyen Quoc Viet (Vietnam), Dov Carino (Filipina), Ky Rina (Kamboja), Nguyen Thai Son (Vietnam), Ubaidullah Shamshul (Malaysia), Muhammad Syahir bin Bashah (Malaysia), Najmudin Akmal (Malaysia), Titan Agung (Indonesia), Mouzinho Barrett de Lima (Timor Leste), Luis Figo Pereira Ribeiro (Timor Leste), Elias Joao da Costa Ximenes Mesquita (Timor Leste), Hein Htet Aung (Myanmar), Anan Yodsangwal (Thailand), Yotsakor Burapha (Thailand), Roman Angot (Laos), Aliff Izwan Yuslan (Malaysia). (*/uce)

  • Bagikan