Sevilla ke Final Usai Ganyang Juventus Saat Babak Tambahan

  • Bagikan

Sevilla berhasil melaju ke final usai mengalahkan Juventus 2-1 di kandangnya, Jumat, 19 Meo 2023.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, SPANYOL-- Pertarungan sengit terjadi saat Sevilla bentrok dengan Juventus demi tiket ke final Liga Europa.

Duel imbang 1-1 selama 90 menit dan dilanjutkan ke babak tambahan. Laga berlangsung di Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat, 19 Mei 2023 dini hari Wita.

Pada babak tambahan waktu penuh dramatis. Pemain Sevilla E. Lamela di menit ke-95, berhasil merobek gawang Juventus. Juga, kartu merah dihadiahkan ke pemain tuan rumah M. Acuña di menit 115.

Sampai 120 menit, Sevilla berhasil mempertahankan kedudukan 2-1 sehingga menang agregat 3-2 atas ' Si Nyonya Tua'.
Klub asal spanyol ini pun menunggu pemenang atas AS Roma/Bayern Leverkusen.

Duel kedua tim sama-sama butuh kemenangan lantaran leg pertama berakhir sama kuat 1-1. Sevilla dan Juventus tancap gas sejak awal pertandingan.

Pada babakpertama, Juventus langsung melancarkan serangan. Si Nyoya Tua, julukan Juve, membuka peluang pada menit ke-15. Tapi, bola tandukan Federico Gatti bisa ditepis kiper Sevilla, Bono.

Tapi, Sevilla balik mengancam sembilan menit berselang. Percobaan sundulan dari Lucas Ocampos dapat diselamatkan Wojciech Szczesny.

Szczesny kembali menyelamatkan gawang Juventus pada menit ke-30. Kali ini dia menggagalkan tembakan kaki kiri Marcos Acuna.

Juventus sempat mencetak gol melalui Adrien Rabiot tiga menit sebelum turun minum, tapi tak dianggap karena offside. Babak pertama pun berakhir 0-0.

Memasuki babak kedua, kedua tim tidak mengendurkan serangan. Serangan bergelombang dilancarkan keduanya. Namun, tak satu pun mamu dikonversi menjadi gol.

Nanti memasuki menit ke-65, kebuntuan pecah. Juventus berhasil mencetak gol. Gol indah itu diciptakan Vlahovic. Yah, striker Serbia tersebut berkelit melewati penjagaan bek Sevilla, sebelum men-chip rendah bola ke dalam gawang melewati jangkauan Bono. Bianconeri unggul 1-0.

Tapi, tidak menunggu lama. Sevilla yang tertinggal 0-1 di kandangnya, bertubi-tubi melancarkan serangan.

Gol pun terjadi pada menit ke-71. Gol itu bermula saat Suso mengirim bola lambung dari luar kotak penalti yang gagal digapai Szczesny. Kedudukan sama kuat 1-1.

Gol kedua Sevilla kembali nyaris terjadi pada mwnit ke-83. Hanya saja, bola tendangan bebasnya dapat dibendung Szczesny.

Szczesny tampil gemilang. Yah, lagi-lagi menyelamatkan gawang Juventus saat memasuki injury time. Kali ini menepis bola tandukan En-Nesyri dengan satu tangan.

Sampai waktu normal, skor 1-1 bertahan, dan membuat agregat berubah sama kuat 2-2. Laga lanjut ke babak tambahan.

Pada babak tambahan, berjalan sengit dan penuh dramatis. Kedua tim saling menyerang. Namun, dewi fortuna berpihak ke tuan rumah. Pada menit ke-95, pemain Sevilla E. Lamela berhasil merobek gawang Juventus.

Menang agregat, 3-2, tidak menyurutkan serangan Sevilla. Begitu juga Juventus. Pada
Menit ke-115, salah seorang pemain Sevilla M Acuna diberi kartu merah. Hanya saja, di sia waktu tidak dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh Juve.

Sampai wasit membunyikan pluit tanda pertandingan berakhir, kedudukan tetap 2-1 untuk ruan rumah. Ia pun melaju ke final dan menanti pemenang antara AS Roma vs Bayern Leverkusen.

Partai final dijadwalkan akan berlangsung pada Rabu 31 Mei 2023 waktu setempat atau Kamis, 1 Juni 2023 waktu Indonesia.

Adalah Puskas Arena Budapest dipilih menjadi tempat laga puncak dari Liga Eropa.

Stadion tersebut terletak di distrik ke-14 Budapest, Hungaria.

Adapun kapasitas tempat duduk stadion yang dibangun pada tahun 2017 ini adalah sebesar 67.215 penonton.

Stadion ini dibangun di lokasi Stadion Ferenc Puskás lama yang telah dirobohkan pada Oktober 2016.

Nama stadion ini digunakan untuk menghargai mantan kapten tim nasional Hungaria Ferenc Puskás.

Pada 15 November 2019, stadion ini dibuka dengan pertandingan persahabatan antara Hungaria menghadapi Uruguay.

Puskas Arena terletak hanya 3 km dari pusat bersejarah kota Hungaria.

Stadion ini telah tempat yang akrab setelah menyelenggarakan empat pertandingan UEFA EURO 2020, termasuk tiga di babak penyisihan grup dan satu di babak 16 besar.

Tak hanya itu, Puskas Arena juga pernah menjadi tempat Piala Super UEFA 2020 antara Bayern Munchen dan Sevilla. (*/uce)

Susunan Pemain

Sevilla: Bono; Jesus Navas, Loic Bade, Nemanja Gudelj, Marcos Acuna; Fernando, Ivan Rakitic, Lucas Ocampos, Oliver Torres, Bryan Gil; Youssef En-Nesyri.

Juventus: Wojciech Szczesny; Danilo, Bremer, Federico Gatti; Adrien Rabiot, Manuel Locatelli, Nicolo Fagioli, Juan Cuadrado; Samuel Iling-Junior, Moise Kean, Angel Di Maria.

  • Bagikan