Mantan Legislator Palopo Kembali Bersaing

  • Bagikan

Diantaranya Ada Yang 3 Kali Lompat Partai

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pemilihan anggota legislatif (Pileg) pada Pemilu 2024 mendatang tidak sedikit akan diikuti figur yang pernah duduk sebagai anggota DPRD sebelumnya. Bahkan diantara mereka ada yang menjajaki beberapa partai politik. Seperti di Kota Palopo, sederet nama-nama yang akan kembali meramaikan Pileg untuk DPRD Kota Palopo.
Lalu siapa-siapakah mereka? Palopo Pos merangkum sejumlah nama mantan anggota DPRD Palopo yang kembali dalam persaingan Pileg 2024.

Alfri Jamil merupakan mantan anggota DPRD Palopo selama 15 tahun atau 3 periode berturut. Pada Pileg 2019 Alfri Jamil masuk sebagai calon anggota legislatif (Caleg) DPRD Sulsel asal Dapil Luwu Raya. Sayangnya, ketua PDI Perjuangan Palopo itu gagal dan hanya bertengger diurutan ketiga. Di Pileg mendatang, Alfri kembali maju sebagai Caleg DPRD Palopo di Dapil 1 yakni, Kecamatan Wara dan Wara Utara.

Selanjutnya, Yasman Miming. Politisi senior yang satu ini pernah menjabat sebagai wakil rakyat di dua daerah yakni, Kota Palopo dan Kabupaten Luwu di periode yang berbeda. Dia merupakan mantan kader Golkar yang kini berlabuh di PPP dan masuk salah satu Bacaleg di Dapil 1 Kota Palopo yang meliputi Kecamatan Wara dan Wara Utara untuk Pileg mendatang.

Idaria. Politisi Golkar ini juga pernah mersakan empuknya kursi Parlemen selama 2 periode. Kali ini, Idaria kembali mencatatkan namanya sebagai Bacaleg di Dapil 2 yakni, Kecamatan Wara Timur dan Wara Selatan di Pileg mendatang.

Mantan anggota DPRD lainnya yakni, Budiman. Budiman pernah 2 kali menjadi anggota DPRD Palopo di partai yang berbeda dan periode yang berbeda pula. Sekretaris PPP Palopo ini kembali maju dipersaingan Pileg mendatang di Dapil Palopo 2.

Juga ada Islamuddin. Politisi asal partai Demokrat ini pada periode 2014-2019 teripilih menjadi wakil rakyat DPRD Palopo dan menduduki posisi sebagai wakil ketua DPRD. Ia pun kembali maju bersaing dalam Pileg mendatang lewat Dapil 2.

Termasuk, Oktovinus Renden yang merupakan kolega Islamuddin di partai Demokrat. Oktovianus pada periode 2014-2019 terpilih sebagai anggota DPRD. Pada Pileg 2024 mendatang ia kembali memastikan dirinya maju bersaing di Dapil 1.

Kemudian, juga nama Marten Paelongan. Saat ini ia bergabung di Hanura untuk meramaikan persaingan Pileg mendatang lewat Dapil 1. Marten juga pernah menjabat sebagai anggota DPRD Palopo periode 2009-2014 lewat partai Demokrat. Sayangnya, di periode keduanya gagal. Ia Kemudian memilih bergabung di Nasdem pada Pileg 2019.

Selain Marten, ada nama Rudi Sukarni. Sebelumnya, Rudi menjabat sebagai anggota DPRD Palopo di partai Gerindra. Rudi Sukarni kini menjadi salah satu Bacaleg di partai Gelora untuk persaingan Pileg mendatang di Dapil 4 yakni, Kecamatan Bara dan Telluwanua.

Mantan anggota DPRD Palopo lainnya yakni, Muhammad Nasir yang kala itu bergabung di PDK. Tokoh asal Kelurahan Battang/Battang Barat ini kembali meramaikan Pileg 2024 lewat partai Golkar di Dapil 3 Palopo yang meliputi Kecamatan Sendana, Mungkajang dan Wara Barat.

Demikian halnya dengan Alimuddin Nur. Alimuddin tercatat pernah merasakan kedudukan sebagai anggota DPRD Palopo 2009 lewat PAN. Kini, Alimuddin bergabung di partai Golkar dan maju meramaikan persaingan Pileg DPRD Palopo di Dapil 3.

Kemudian yang terakhir adalalah Taming Somba. Taming pernah merasakan jabatan sebagai anggota DPRD Palopo selama 2 periode melalui PAN. Taming bisa dikatakan salah satu orang yang tidak berprinsip bergabung dengan hanya 1 partai politik saja. Ia bolak balik dari partai satu ke partai yang lain.

Setelah di PAN, Taming bergabung di Gerindra, kemudian ia bergabung di partai Berkarya. Dengan status partai Berkarya yang tidak masuk sebagai peserta Pemilu 2024 ia pun memutuskan kembali bergabung di Gerindra. Pada Pileg mendatang, Taming yang notabena Tomakaka ini memastikan maju mewakili Dapil 4.

Taming kepada Palopo Pos mengutarakan bahwa keberadaannya dalam persaingan Pileg mendatang tidak lepas dari dorongan masyarakat. Ia pun menegaskan bahwa persaingannya di Pileg mendatang akan melakukan upaya semaksimal mungkin. Menurut Taming, keberadaan seorang politisi tentunya harus pula pandai melihat peluang untuk menembus persaingan di setiap kontestasi politik.

"Terkait halnya berpindah partai adalah hal yang lumrah bagi seorang politisi. Partai ini ibaratnya adalah sebuah kendaraan yang dimanfaatkan dalam memudahkan kita mencapai suatu tujuan," kata Taming, Ahad, 28 Mei 2023.

Demikian diungkapkan Muhammad Nasir. Politisi Golkar asal Dapil 3 ini memandang jika persaingan Pileg mendatang berpotensi memberi kemenangan kepadanya. "Sebagai politisi saya harus percaya diri. Adapun saya bergabung di partai Golkar saat ini karena ada peluang lolos ke parlemen," katanya.

Ada juga Hj Hasrianti. Mantan anggota DPRD Palopo 2014-2019 yang sewaktu di DPRD sebagai politisi Nasdem. Kini Pileg 2024 maju sebagai politisi Gerindra. (rul/idr)

MANTAN ANGGOTA DPRD PALOPO DI PILEG 2024

ALFRI JAMIL (PDIP DAPIL 1)
YASMAN MIMING (PPP DAPIL 1)
OKTOVIANUS RENDEN (DEMOKRAT DAPIL 1)
IDARIA (GOLKAR DAPIL 2)
MARTEN PAELONGAN (HANURA DAPIL 1)
ISLAMUDDIN (DEMOKRAT DAPIL 2)
BUDIMAN (PPP DAPIL 2)
MUHAMMAD NASIR (GOLKAR DAPIL 3)
ALIMUDDIN NUR (GOLKAR DAPIL 3)
RUDI SUKARNI (GELORA DAPIL 4)
TAMING SOMBA (GERINDRA DAPIL 4)
HASRIANTI (GERINDRA DAPIL 1)

  • Bagikan