AMJI-RI Salut Keseriusan Bupati Lutim Hasilkan RPJPD Berkualitas

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR- Bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Kebijakan Pembangunan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PPKP-LPPM) Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar, Pemkab Luwu Timur, Senin (12/6/2023) lalu, sukses menggelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD).

Ketua Badan Kajian Pengawasan Kebijakan Pembangunan (BKPKP) Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (AMJI-RI), Muhammad Rafi'i, kepada awak media, Selasa (13/6/2023), menyampaikan rasa salutnya atas pelaksanaan Diklat penyusunan RPJPD.

"Diklat penyusunan RPJPD yang dibuka langsung bapak Bupati Lutim, Drs Budiman MPd itu, merupakan pijakan pembangunan yang akan dilaksanakan Pemkab Lutim ke depan. Sisi positif dari kegiatan ini, adanya penyusunan RPJPD secara cermat akan menghasilkan pembangunan berkualitas," terang Rafi'i.

Sebab, kata Rafi'i, penyusunan RPJPD ini akan mencerminkan kemajuan pembangunan Bumi Batara Guru di tahun-tahun mendatang sesuai kepentingan dan kebutuhan prioritas masyarakat Lutim sendiri.

"Di dalam RPJPD itu, sepenuhnya menjabarkan visi, misi, serta arah kebijakan pembangunan daerah untuk masa 20 tahun ke depan. Seluruh pimpinan OPD, wajib menerjemahkan dengan baik isi dari dokumen RPJPD yang disusun nantinya," papar Rafi'i.

Sebelumnya, Bupati Lutim, Budiman menuturkan penyusunan dokumen RPJPD merupakan kewajiban setiap Pemda yang mutlak dipenuhi. (rls/ikh)

  • Bagikan