Penamatan TK Pembina, Persiapkan Usia Dini Indonesia Masuk Negara Maju 2045

  • Bagikan

Ketua Komite TK Pembina Palopo, Drs Baharman Supri menyampaikan sambutan pada Penamatan TK Pembina, Selasa, 13 Juni 2023. --ft: istimewa


PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Taman Kanak-kanak (TK) Pembina Negeri Palopo sukses menggelar penamatan dan peringatan Ulang Tahun (Ultah) ke-27 yang berlangsung meriah di Aula TK Pembina, Jl. KH Hasyim, Selasa, 13 Juni 2023.

Dihadiri Kadis Pendidikan Palopo Asnita Darwis SSTP, Ketua Komite TK Pembina Drs Baharman Supri MM, para guru, pengawas TK, orang tua siswa, dan para siswa itu sendiri. Dengan penuh semangat, mereka mengikuti acara sampai tuntas.

Sajiam acara mulai dari MC, mengaji, lagu tarian kolosal, serta vocal grup yang penuh semangat dalam suasana gembira diperagakan oleh siswa TK Pembina dan kelihatan sangat terlatih.

Kesuksesan tersebut sampai beberapa guru meneteskan air matanya karena merasa sedih dan gembira karena merasa sukses membina anak didiknya selama satu tahun dan mampu mengubah karakter menjadi lebih baik, lebih pintar dari yang sebelummnya.

Baharman Supri dalam sambutannya mengatakan, menghadapi tahun 2045, Indonesia mencanangkan masuk kolompok 10 negara maju di dunia. Dalam rangka menjawab visi itu, ada tiga komponen utama perlu dipersiapkan mulai sekarang.

Pertama, peningkatan kapasitas guru, policy atau kebijakan pemerintah yang berpihak pada kualitas dunia pendidikan. Dan yang ketiga, supporting orang tua dan pihak ketiga juga sangat dibutuhkan.

Baharman yang juga anggota DPRD Palopo juga menyampaikan bahwa sudah kenyataan dan tidak bisa dibantah lagi bahwa pengetahuan adalah kekuatan. Knowledge is power. Siapa yang memiliki pengetahuan tinggi maka dia akan mengusai dunia.

Bahkan pesan berguru ke negeri China, ternyata orang China sendiri belajar ke Amerika mencapai angka 120 ribu mahasiswa setiap tahun, Jerman 50 ribuan, India 45 ribuan, Singapura 15 ribuan, dan Indonesia baru sekitar 7.500 pertahunnya.

Dari angka ini negara perlu mempersiapkan anggaran cukup besar dan memotivasi kaum terpelajar agar terus belajar dan menjadikan budaya baca buku bukan baca HP menjadi santapan setiap hari.

Kadis Pendidikan Asnita Darwis juga mengapresiasi penamatan tersebut. Karena penataan panggung dan dekorasi yang sempurna dari para orang tua siswa dan guru, serta penampilan para alumni TK yang tak lain adalah anaknya sendiri bersama anak Ketua Komite Baharman Supri.

Kepala Sekolah (Kepsek) TK Pembina Palopo, Hastaty merasa bersyukur karena acara begitu ramai dan semarak. Apalagi dilaksanakan di halaman sekolah, bukan lagi di gedung atau hotel. ''Karena TK pembina sudah punya gedung sendiri untuk acara sebesar ini,'' kunci Kepsek. (ikh)

  • Bagikan