Dr Abubakar Wasahua Minta CJH Lebih Banyak Berzikir, Istighfar, Bertobat, dan Jaga Kesehatan, Jangan Bergosip

  • Bagikan

Nampak Dr H Abubakar Wasahua MH saat memberikan ceramah atau wejangan-wejangan kepada CJH di Asrama Haji Sudiang, Jumat, 16 Juni 2023 tadi subuh. --ist--

Disampaikan Saat Kegiatan Pemantapan Manasik Haji Bagi CJH Kloter 33 dan 34 dari Provinsi Maluku di Asrama Haji Sudiang Makassar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR--
Ketua Harian Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulawesi Selatan yang juga Petugas Haji, Embarkasi Makassar Bidang Pemantapan Manasik Haji, Dr. H. Abubakar Wasahua MH memberikan ceramah dan petuah-petuah kepada calon jemaah haji asal Indonesia, di Asrama Haji Sudiang, Makassar, Jumat, 16 Juni 2023 tadi subuh.

Pada kesempatan tersebut, Dr Abubakar Wasahua, meminta kepada calon jemaah haji yang berasal dari kelompok terbang (Kloter) 33 dan 34 asal Provinsi Papua, supaya menjaga kesehatan. Karena, kondisi cuaca di tanah suci saat ini, tidak bersahabat.

Menurutnya, di Arab Saudi saat ini, suhu panas ekstrim di atas 38 derajat. ''Kami meminta supaya memperbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan,'' kata balon legislatif DPRD Sulsel Daerah Pemilihan XI Tana Luwu (Luwu, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur) asal partai PKS ini di depan calon jemaah haji.

Di samping itu, juga dituntut memilih makanan dan minuman yang sehat dan bergizi.

Ia pun meminta kepada setiap jamaah untuk menghindari kesibukan yang tidak perlu. Ini untuk menjaga kebugaran tubuh melaksanakan rukun-rukun haji sesuai dengan syariat.

Dan yang paling penting juga diperhatikan selama berada di Arab Saudi atau tanah suci, supaya para calon jemaah haji memerhatikan larangan-larangan haji.

Apa itu? Menurut Ketua Wilayah Persaudaraan Muslim Indonesia (Parmusi) Sulawesi Selatan ini, yang harus diperhatikan adalah dilarang berdebat, dilarang memprovokasi dan diprovokasi. Juga, dilarang menebar gosip.

Ketua Wil. Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (BAKOMUBIN) Sulsel juga berharap kepada calon jemaah haji supaya tidak melakukan kemaksiatan atau yang dilarang agama.

Yang harus diperhatikan tambah, mantan anggota DPRD Sulsel tiga periode ini adalah, para calon jemaah haji haruslah memperbanyak zikir dan memperbanyak sabar.

''Juga, banyak-banyak bertobat dan istighfar,'' harap Ketua Wilayah IKA Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI).

''Semoga semuanya menjadi Haji Mabrur. Aamiin YRA,'' doa anggota Komisi Hukum dan HAM MUI Sulsel di depan para calon jemaah haji. (uce)

Riwayat singkat :
Nama : Dr. H. Abubakar Wasahua MH.
Pendidikan terakhir S3 UMI Jurusan Ilmu Hukum
Pengalaman Kerja

  1. Anggota DPRD Sulsel selama 3 Periode
    1999 s/d 2025
  2. Anggota DPR RI
    Pergantian Antar
    Waktu 2018 - 2019
    Jabatan di Ormas Islam
  3. Ketua Harian IPHI Sulawesi Selatan
  4. Ketua Wil. Parmusi Sulawesi Selatan
  5. Ketua Wilayah IKA BKPRMI
  6. Ketua Wilayah Badan Koordinasi Muballigh Indonesia (BAKOMUBIN) Sulsel
  7. Anggota Komisi Hukum dan HAM MUI Sulsel. (***)
  • Bagikan