Tiga Jenderal Maju Caleg Dapil Sulsel 3, Bidik DPR RI dan DPRD Kabupaten, Ini Mereka

  • Bagikan

--ilustrasi--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Pertarungan pada pemilihan umum legasilatif (Pileg) 2024 mendatang, bakal berlangsung seru dan ketat. Karena, di samping diikuti beberapa pejabat, pengusaha, politikus, juga sejumlah purnawirawan jenderal. Baik TNI dan Polri.

Khusus di Dapil Sulsel, ada 10 jenderal yang masuk sebagai daftar bacaleg. Baik di tingkat DPR, DPRD Sulsel, dan DPRD Kabupaten. Rinciannya, empat jenderal bintang dua dan enam bintang satu.

Dimulai dari Mayjen TNI (Purn) Kasim Genawi (61) maju caleg melalui Partai Perindo di Dapil Sulsel 3, meliputi Enrekang, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Pinrang, Sidrap, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Kota Palopo.

Ia memanaskan pertarungan perebutan tujuh kursi DPR RI di dapil tersebut.
Kasim Genawi sedapil dengan Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang (JFK). Frederik adalah alumni Akpol 1988 kelahiran Toraja. Frederik terdaftar sebagai daftar caleg sementara Partai Demokrat di Dapil Sulsel 3.

Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang juga diketahui sebagai Ketua Umum Ikatan Keluarga Toraja Nusantara (IKATNus) yang juga Mantan Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI sehingga tidak asing lagi apabila duduk di kursi DPR RI tentunya dengan bekas pengalaman dan networking yang dimiliki sehingga jenderal yang menyandang pangkat terakhir bintang 2 punya gagasan untuk membangun Dapil Sulawesi Selatan 3 yang menjadi basisnya kemudian.

"Saya melanjutkan perjuangan di politik dengan mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Demokrat Dapil 3 Sulsel meliputi Kabupaten Pinrang, Sidrap, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu, Palopo, Luwu Utara, Luwu Timur," kata Purnawirawan Jenderal Polisi berpangkat dua bintang ini.

Ia meminta agar masyarakat Sulsel secara umum memberikan support untuk kembali mengabdikan diri melalui jalur politik setelah sebelumnya menghabiskan masa pengabdian di Kepolisian Republik Indonesia.

"Semoga Tuhan senantiasa membukakan jalan dan mohon dukungan sehingga saya pribadi dan keluarga diberikan kemudahan untuk bisa duduk di DPR RI dan dapat memberikan kontribusi, gagasan dan pemikiran untuk kemajuan daerah kita," ungkap Frederik.

Sementara Kasim Genawi merupakan lulusan Akmil 1986.

Kasim Genawi menjadi prajurit selama 35 tahun atau sejak 1986 sampai 2021 lalu.
Jabatan terakhir Kasim Genawi adalah Komandan Komando Pembina Doktrin Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI.

Selain mereka, Mayjen TNI (Purn) Andi Gunawan Pakki juga memutuskan masuk politik setelah pensiun dari militer.

Ia memilih PDIP sebagai kendaraan caleg.

Gunawan bergabung bersama PDIP sejak 2022 dan membidik kursi Senayan di Dapil Sulsel 2.

“Benar dinda, Pak Gunawan Pakki maju di Sulsel 2,” kata Sekretaris PDIP Sulsel Rudy Pieter Goni belum lama ini. Gunawan Pakki lahir di Makassar pada 5 April 1963.
Jabatan terakhir lulus Akmil 1986 kesatuan Zeni ini adalah perwira tinggi Mabes TNI AD 2021.

Selanjutnya ada nama Mayjen TNI (Purn) Heros Paduppai.
Jenderal ‘Kopassus’ ini adalah lulusan Akmil 1983.

Jabatan terakhir Heros Paduppai adalah Kepala Badan Instalasi Strategis Pertahanan sejak 2016 hingga 2018 lalu.

Kini, Heros Paduppai mencari tantangan baru di dunia politik setelah pensiun dari militer.
Ia akan bertarung memperebutkan sembilan kursi di Dapil Sulsel II.

Adapun calon lawannya di PKS yakni petahana anggota DPR RI Andi Akmal Pasluddin.
Selain empat jenderal bintang dua, bintang satu juga tidak ketinggalan.

Terbaru, Brigjen Pol (Purn) Wisnu Sanjaya, mantan Kapolrestabes Makassar. Ia telah bergabung bersama Partai Perindo. Dia adalah mantan Direktur Intelkam Polda Jawa Barat. Kemudian jabatan terakhir sebagai Analisis Kebijakan Intelkam Mabes Polri.
Sekretaris DPW Perindo Sulsel Hilal Syahrim mengatakan, Wisnu Sanjaya akan maju sebagai caleg DPR RI di Dapil Sulsel 2.

Dapil Sulsel 2 meliputi pemilih dari Kabupaten Barru, Bulukumba, Bone, Pangkep, Maros, Sinjai, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare.

“Pak Wisnu salah satu tokoh andalan Partai Perindo di Dapil Sulsel 2. Kebetulan istrinya orang Soppeng,” katanya.

Hilal menambahkan, gabungnya Wisnu Sanjaya menambah kekuatan partai bentukan Hary Tanoesoedibjo untuk mengamankan satu kursi dari sembilan kursi diperebutkan di Dapil Sulsel 2.

“Kita optimis, Perindo bisa mengamankan satu kursi di tiga daerah pemilihan di Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Adapun jenderal bintang satu lainnya caleg adalah, Brigjen Pol (Purn) Idris Kadir yang bergabung ke Partai Demokrat setelah pensiun dari kepolisian untuk Dapil Sulsel 1.

Kemudian Brigjen Pol (Purn) Adeni Muhan Daeng Pabali melalui Partai Nasdem dengan maju di DPRD Sulsel Dapil 1, selanjutnya Brigjen TNI (Purn) Muslimin Akib yang maju melalui PKS dengan membidik caleg DPRD Kab. Luwu dapil Belopa.

"Jadi begini, saya merasa terpanggil kembali ke kampung halaman saya. Ada banyak yang bisa saya lakukan jika sudah masuk kedalam sistem, kita bisa didengar kalau kita masuk kedalam sistem," jelasnya.

"Ketika sudah di dalam sistem, saya bisa meluruskan atau membenarkan hal yang keliru. Daripada kita berteriak-teriak dari luar," sambungnya.

Kata Muslimin, salah satu yang menjadi alasan dirinya ingin mengabdi di Bumi Sawerigading ialah data angka kemiskinan yang ia dapatkan.

"Masa kita mau lihat kampung kita menjadi salah satu daerah termiskin di Sulsel, ini miris bagi saya," ujarnya.

Padahal, sambung Muslimin, Luwu menyimpan segudang Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang bisa dimanfaatkan.

"Sekarang coba kita lihat Karang-karangan di Kecamatan Bua. Kebanyakan saudara kita hanya jadi penonton ketika perusahaan masuk. Seharusnya masyarakat di sana diberikan pelatihan, sehingga bisa terserap dalam dunia kerja," terangnya.

Tak hanya itu, Muslimin juga menyinggung kesejahteraan nelayan di Kabupaten Luwu yang menurutnya masih jauh dari kata sejahtera.

"Belum lagi bicara nelayan. Jangan salah, nelayan kita itu banyak sekali. Dan potensi mereka masih tak dimaksimalkan," tutupnya.

Lalu Brigjen TNI (Purn) Edy Imran maju maccaleg DPRD Sulsel melalui Partai Gerindra. Brigjen TNI (Purn) Jahidin Chilo juga maju maccaleg melalui partai Gerindra. Ia memperkuat partai bentukan seniornya, Prabowo Subianto bertarung Pemilu 2024. Brigjen Jahidin Chilo akan maju sebagai caleg DPR RI di Dapil Sulsel 1. (idri parasetiawan)

Purnawiran Jenderal Bidik Caleg dari Dapil Sulsel 3

  • Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang
    (Caleg DPR RI Demokrat Dapil Sulsel 3)
  • Mayjen TNI (Purn) Kasim Genawi
    (Caleg DPR RI Perindo Dapil Sulsel 3)
  • Brigjen TNI (Purn) Muslimin Akib
    (Caleg DPRD Kab. Luwu dari PKS)
  • Bagikan