Soal Tanggul Runtuh, Kabid PUPR: Dibongkar karena Akan Dibangun Tanggul Baru

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TOMPOTIKKA-- Pengerukan sedimen di Sungai Amassangan, menyebabkan tanggul runtuh di Jl. Andi Djemma, sekira pukul 11.00 Wita, Sabtu, 17 Juni 2023. Dapur bagian belakang Cafe Hill & Tiff, ikut rubuh.

Kepala Bidang (Kabid) Dinas PUPR Palopo, Hasyim Basri ST yang dikonfirmasi Palopo Pos, Ahad, 18 Juni 2023, menjelaskan bahwa tanggul di belakang Cafe Hill & Tiff bukan runtuh, tapi dibongkar karena masuk dalam program pembangunan tanggul baru.

Hanya saja, lanjutnya, setelah tanggul dibongkar, bangunan Hill & Tiff bagian belakang, akan dibongkar sendiri orang pemiliknya. Namun belum dibongkar, dapur Hill & Tiff sudah rubuh.

''Tiga pekan lalu, kami bersama Lurah setempat sudah sosialisasi ke pihak Hill & Tiff. Dan pemilik (Hill & Tiff) sudah menyatakan akan membongkar sendiri bangunannya yang berada di sempadan sungai. Tapi belum sempat dibongkar, sudah rubuh,'' kata Hasyim.

Hasyim juga mengatakan, tidak ada ganti rugi akibat bangunan Hil & Tiff yang rubuh karena melanggar sempadan sungai. Malah, katanya, pemilik Hill & Tiff bersyukur karena akan dibangun tanggul baru di belakang bangunannya.

Kondisi tanggul di belakang Hill & Tiff sudah retak karena dulu ada akar pohon di situ. Bagian bawah tanggul juga keropos.

Selain itu, tanggul di belakang Hill & Tiff, terdapat sejumlah lokasi tanggul di Sungai Amassangan yang masuk dalam program pembangunan tanggul baru karena retak, keropos, dan bagian bawahnya amblas. Bahkan secara teknis, 95 persen tanggul di sana, sudah rusak. (ikh)

  • Bagikan