Jembatan Mancani Dibangun Ulang, Kendaraan Dialihkan Lewat Pasar Mancani

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MANCANI-- Jembatan sungai Tendang Nyarang penghubung jalan tras Sulawesi di poros Kelurahan Mancani, Kecamatan Telluwanua, Palopo hari dibongkar untuk dilakukam perbaikan, Senin, 19 Juni 2023.

Arus lalulintas (Lalin) dari dua arah berlawanan dialihkan masuk melintas di Pasar Tradisional Mancani.

Untuk kelancaran arus lalulintas dari dua arah berlawanan, di lokasi telah dipasang spanduk imbauan kepada pengguna jalan. Kemudian terpantau juga jajaran Dinas Perhubungan bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Mancani untuk mengatur kendaraan.

Muhammad Said selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pemeliharaan dua jembatan di Kota Palopo yang sedang berjalan saat ini yang diantaranya jembatan Sungai Pikung di poros Kelurahan Rampoang dan jembatan Sungai Tendang Nyarang di poros Kelurahan Mancani, ia pengerjaan kedua jembatan tersebut ditarget rampung di Oktober mendatang.

"Untuk sementara waktu, kendaraan dari dua arah di dua lokasi pengerjaan jembatan tersebut kita alihkan. Pengerjaan jembatan Sungai Pikung kami siapkan dua jembatan darurat untuk dilintasi masing- masing kendaraan dari arah berlawanan, sementara untuk pengerjaan jembatan Sungai Tendang Nyarang yang mulai dibongkar hari ini, kendaraan kami buatkan jalur alternatif melalui pasar tradisional Mancani,"kata Muhammad Said.

Plat duiker yang dilintasi kendaraan masuk ke pasar tradisional Mancani, lanjut Muhammad Said juga telah aman untuk dilintasi kendaraan tonase puluhan ton.

"Meski aman dilintasi, kita imbau kepada setiap pengguna jalan agar tetap memperhatikan keselamatan dan tertib saat melintas di dua lokasi pengerjaan jembatan tersebut. Soal keamanan jembatan darurat dan jalur alternatif yang kami siapkan, tentu akan kami perhatikan juga demi keamanan, kenyaman dan kelancaran perjalanan pengguna jalan,"lanjutnya.

Dari pantauan di dua lokasi pengerjaan jembatan tersebut, untuk pengerjaan jembatan Sungai Pikung saat ini sedang berlangsung pengecoran tiang di kedua sisi. Sementara di jembatan Sungai Tendang Nyarang ssedang berlangsung pembongkaran jembatan menggunakan satu alat ekskavator. Untuk arus lalulintas sendiri juga masih terpantau lancar. (ria)

  • Bagikan