Timnas Indonesia Vs Argentina Nanti Malam, Shin Tae-yong Siap Beri Kejutan

  • Bagikan
Pemain andalan timnas Indonesia asal Sulsel, Asnawin Mangkualam Bahar. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Beda kelas. Namun, Timnas Indonesia tidak gentar saat menjamu Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Para pemain timnas Indonesia akan bermain puputan untuk 'mempermalukan' Tim Tango, Argentina dalam pertandingan FIFA Matchday yang akan live di RCTI, nanti malam Senin, 19 Juni 2023, mulai pukul 20.30 Wita.

Ini akan menjadi salah satu laga paling bergengsi yang pernah dimainkan Timnas Indonesia. Pasalnya, lawan mereka adalah raksasa Amerika Latin yang baru saja menjuarai Piala Dunia 2022, Argentina.

Argentina memang tidak bakal diperkuat Angel Di Maria maupun sang kapten Lionel Messi. Namun, meski tidak full team, dan starting XI mereka pun kemungkinan besar akan dirotasi, Argentina tetap lawan yang sangat tangguh seiring sederet pemain bintang yang mereka miliki.

Masih ada nama-nama seperti Emiliano Martinez, Enzo Fernandez, Julian Alvarez, hingga Alejandro Garnacho di skuad yang dibawa oleh pelatih Lionel Scaloni.

Sementara itu, Timnas Indonesia berhadapan dengan Palestina di Surabaya. Anak-anak asuh Shin Tae-yong bermain apik, menciptakan banyak peluang, tapi gagal menang. Laga di Stadion Gelora Bung Tomo itu berakhir dengan skor kacamata.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengonfirmasi siap menurunkan pemain-pemain andalan seperti Asnawi Mangkualam, Marc Klok, dan Arhan Pratama dalam pertandingan ini.

Hanya saja, Shin Tae-yong (STY) mengatakan bek Sandy Walsh tak dapat diturunkan karena mengalami cedera betis saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Surabaya pekan lalu.

"Persiapan sangat baik, kondisi semua pemain juga baik semua, kecuali Sandy Walsh yang mengalami cedera dan sedang menjalani pemulihan. Selain Sandy, sisa pemain dalam kondisi baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga melawan Argentina, Minggu, 18 Juni 2023.

Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu mengungkapkan pertandingan melawan Argentina bakal sulit.

"Memang saya pernah pegang Korea Selatan dan menang lawan Jerman di Piala Dunia Rusia 2018. Tapi waktu itu Korea Selatan berada di peringkat FIFA 50, kita Indonesia berada di peringkat FIFA 149. Jadi ya mungkin akan jadi sulit laga ini untuk menang dan saya mempersiapkan pertandingan ini untuk para pemain Indonesia agar bisa lebih banyak belajar dan berkembang," kata Shin Tae-yong.

Pelatih yang kerap disapa STY itu mengungkapkan ingin memberi kejutan meski tidak terlalu berharap banyak dan menyerahkannya kepada para pemain yang turun ke lapangan.

"Saya pun ingin beri kejutan (pertandingan) sejujurnya. Tapi, bukan saya yang bertanding dan memberi kejutan, tapi pemain sendiri yang menunjukkannya di lapangan," ungkap Shin.

Prediksi Starting XI

Starting XI Argentina dalam laga uji coba lawan Australia di Beijing, 15 Juni 2023 (c) AP Photo/Ng Han Guan
Indonesia (4-3-3): Syahrul Trisna; Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Elkan Baggott, Edo Febriansyah; Marselino Ferdinan, Marc Klok, Stefano Lilipaly; Yacob Sayuri, Dendy Sulistyawan, Rafael Struick.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Argentina (4-3-3): Geronimo Rulli; Nahuel Molina, Leonardo Balerdi, German Pezzella, Marcos Acuna; Exequiel Palacios, Leandro Paredes, Giovani Lo Celso; Lucsa Ocampos, Julian Alvarez, Alejandro Garnacho.

Pelatih: Lionel Scaloni.

Head to Head

Rekor Pertemuan
Indonesia menang: -
Seri: -
Argentina menang: -

5 Pertandingan Terakhir Indonesia
06/01/23 Indonesia 0-0 Vietnam (Piala AFF)
09/01/23 Vietnam 2-0 Indonesia (Piala AFF)
25/03/23 Indonesia 3-1 Burundi (Friendly)
28/03/23 Indonesia 2-2 Burundi (Friendly)
14/06/23 Indonesia 0-0 Palestina (Friendly).

5 Pertandingan Terakhir Argentina
14/12/22 Argentina 3-0 Kroasia (Piala Dunia)
18/12/22 Argentina 3-3 Prancis (Piala Dunia)
24/03/23 Argentina 2-0 Panama (Friendly)
29/03/23 Argentina 7-0 Curacao (Friendly)
15/06/23 Argentina 2-0 Australia (Friendly).

Jadwal, Siaran Langsung, dan Live Streaming

Pertandingan: Indonesia vs Argentina

Tempat: Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta
Hari, tanggal: Senin, 19 Juni 2023
Jam: 19.30 WIB
Siaran langsung: RCTI
Live streaming: RCTI+
Link live streaming: https://www.rctiplus.com/tv/rcti (jp/pp)

  • Bagikan