Gerindra Maksimalkan Kader di Tana Luwu

  • Bagikan

Jadi Penguasa di Parlemen

PALOPO -- Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka, Partai Gerindra siap tancap gas menuju garis finis menjadi jawara di Sulawesi Selatan.
Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan, Andi Iwan Darmawan Aras mematok target mendudukan 6 kader ke DPR RI dari tiga dapil, dan 17 kader ke DPRD Sulsel.

Pada Pemilu 2019 lalu, Gerindra finis di urutan ketiga dengan hanya meraih 3 kursi DPR RI di Sulsel. Gerindra kalah bersaing dengan Golkar dan Nasdem yang meraih 4 kursi DPR RI.

Sementara untuk DPRD Sulsel, Gerindra meraih 11 kursi dari 11 dapil. Gerindra turun peringkat takluk di tangan Golkar 13 kursi, dan Nasdem 12 kursi.

Andi Iwan mengatakan target 17 kursi DPRD Sulsel nantinya akan menjadi syarat minimum untuk mengusung calon gubernur di Pilkada 2024. Sehingga pihaknya memang tidak pernah menargetkan di bawah itu.

"Sejak gugatan sistem pemilu ini bergulir di Mahkamah Konstitusi, kita dalam menyusun bakal caleg tidak pernah berasumsi bahwa sistemnya akan proporsional tertutup. Kita tetap berpegang pada aturan dan sistem yang berlaku yaitu proporsional terbuka. Dan buktinya diputuskan MK tetap terbuka," kata Andi Iwan kepada fajar.co.id di Makassar, Sabtu (17/6/2023).

Jadi memang sejak awal, para bakal caleg Gerindra tidak pernah berkecil hati walaupun mendapat nomor urut 4 misalnya. Dari awal bacaleg sudah diinstruksikan untuk total di lapangan.

"Kita tidak pernah termakan berbagai macam isu bahwa sistem pemilu akan tertutup. Kita tidak perdulikan. Kita sejak awal yakin akan terbuka. Kalau dulu sebelum ketuk palu MK kita fight nya setengah-setengah, sekarang kita lebih gas pol lagi. Injak gas yang dalam," ungkap Anggota DPR RI dua periode itu.

Dengan keyakinan seperti itu, Andi Iwan memastikan bahwa komposisi caleg Gerindra tidak ada yang namanya caleg pelengkap. Melainkan semuanya potensial dari nomor urut 1 sampai yang terakhir sekalipun.

"Contohnya Andi Muzakkar Caleg DPR RI Dapil III. Nomor urut 7 beliau. Tapi jangan dianggap remeh. Beliau punya basis jelas di Luwu. Najamuddin di Dapil I, ada juga Anhar Rahman. Kemudian di Dapil II ada saya, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman anaknya Andi Amran Sulaiman, dan Hj Felicitas Tellulembang. Semuanya fight dari sebelum MK memutuskan tetap proporsional terbuka. Mereka sudah jalan sejak awal dan akan lebih all out lagi ke depannya," tuturnya.

Sehingga pihaknya optimis, target yang sudah dipatok akan tercapai. Susunan Caleg potensial bukan hanya di DPR RI, tapi juga di provinsi dan kabupaten kota. Gerindra sangat optimisi meraih kemenangan di 2024.
Beberapa nama yang sudah masuk yaitu, La Tinro Latunrung (petahana), Ahmad Abdy Baramuli, Hj Aisyah Tiar Arsyad Kasmar, Andi Unru Baso (Ubas), dan Damayanti Batti (istri Wabup Torut).

"Kami di Gerindra tidak mengenal caleg pelengkap. Kami tidak akan memasukkan orang yang keinginan menangnya setengah-setengah. Mereka ini semua yang kami daftarkan punya gereget dan ngotot menang. Mereka semua berpikir positif mereka akan meraih kemenangan," tegas Iwan.
Lebih jauh Iwan menjelaskan konsep untuk mendapatkan lebih dari satu kursi di tiap dapil adalah minimal 5 calegnya bekerja maksimal tidak setengah-setengah.

"Tapi kalau di Gerindra semua bekerja maksimal, dari nomor urut 1 sampai yang terakhir. Kalaupun dia pemula, dia tetap bekerja. Mereka tetap merasa punya peluang menang. Bahkan bukan hanya menjadi Anggota DPRD tapi pimpinan DPRD," tandasnya.

Pun bagi Caleg petahana tidak ada kata leha-leha. Mereka dituntut harus kerja double. Karena ia melihat caleg rekan separtainya begitu bersemangat. Ini memicu semangat.
"Jadi saya pastikan caleg Gerindra baik incumbent maupun caleg pemula semua bekerja maksimal," pungkas Wakil Ketua Komisi V DPR RI itu.

DPRD Sulsel
Untuk kursi DPRD Sulsel, khusus dari Dapil 11 Tana Luwu, Partai Gerindra juga telah mematok para bacaleg petarung. Sebut saja ada petahana Drs Marjono. Lalu, tokoh akademik Bachrianto Bachtiar, Budi Rani Ratu, dan H. Zirmayanto. (idr)

Balaceg Gerindra

Dapil Sulsel 3 DPR RI

La Tinro Latunrung (Anggota DPR RI 2019-2024)
Ir Andi Muzakkar (Bupati Luwu 2 Periode)
Capt Andi Unru Baso (pengusaha kapal)
Ahmad Abdy Baramuli
Hj Aisyah Tiar Arsyad Kasmar
Damayanti Palimbong (istri Wabup Torut)

Dapil XI Tana Luwu DPRD Sulsel

Drs Marjono
Bachrianto Bachtiar
Budi Rani Ratu
H. Zirmayanto

  • Bagikan