Gerindra, Demokrat, dan PDIP Berebut Kursi Wakil Ketua DPRD Palopo

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Ada tiga partai politik (Parpol) memiliki ambisi dalam perebutan posisi wakil ketua DPRD Palopo. Di DPRD Palopo terdapat dua jabatan wakil ketua yang saat ini diduduki partai Nasdem (3 kursi) sebagai wakil ketua 1 dan partai Demokrat (3 kursi) sebagai wakil ketua 2 berdasarkan hasil Pemilu 2019.

Sebelumnya, partai Nasdem dan Golkar juga sama-sama memiliki target atau ambisi dalam menduduki posisi ketua di parlemen pada Pemilu 2024.
Keberadaan partai Demokrat, Gerindra, PDI Perjuangan (PDIP) diketahui pernah mengemban jabatan sebagai wakil ketua di DPRD Palopo pada Pemilu sebelum-sebelumnya. Kini, ketiganya kembali memanaskan persaingan dalam perebutan posisi tersebut.

Sekretaris partai Demokrat Palopo, Islamuddin mengatakan bahwa partai Demokrat tetap pada prinsipnya akan bersaing dalam perebutan posisi tertinggi di parlemen. Hal ini didasarkan dengan keberadaan partai berlambang Bintang Mercy ini dalam tiga periode terakhir menduduki posisi unsur pimpinan yakni sebagai wakil ketua. "Partai Demokrat tetap memainkan persaingan untuk posisi sebagai wakil ketua," katanya, Ahad 25 Juni kemarin.

Menurut mantan anggota DPRD Palopo ini, bahwa persaingan perebutan kursi di parlemen DPRD Palopo mendatang turut membuat partai Demokrat menyajikan calon anggota legislatif (Caleg) potensilal dan memiliki kemampuan dalam bertarung.

Ada beberapa calon yang terbilang potensial yang disiapkan partai Demokrat saat ini. Seperti, Ansir Ismu, Rober Arelius/Coy (Petahana) untuk Dapil 1. Kemudian, Cendrana Saputra (Petahana) dan Islamuddin (Dapil 2). Kemudian, Irvan ST dan Nursafirah (Dapil 3), dan Bata Manurun (Dapil 4).

"Yang pasti setiap Dapil yang ada. Dan semua Caleg kita harapkan bisa berkontribusi. Lagi pula partai Demokrat saat ini secara umum memiliki kapasitas survey yang bagus. Dan bahkan itu juga sampai ke tingkat daerah," katanya.

Di kubu PDIP sendiri sederet nama telah dipersiapkan menjadi mentor untuk mendulang suara. Seperti, Angga Bantu (Petahana), Alfri Jamil dan Yospin Patayang (Dapil). Muhammad Tazar, Yamin Tallesang (Dapil 2). Jabir (Petahana), Yosep Pasolang (Dapil 3) dan Yonerius, Atte Balapadang (Dapil 4).

Menurut ketua DPC PDIP Palopo, Alfri Jamil, PDIP dalam setiap Dapil menargetkan perolehan kursi. "Komposisi Caleg PDIP dalam Pileg mendatang adalah mereka yang memiliki semangat juang dalam bertarung. PDIP tentunya memiliki target sebagaimana Parpol lainnya, yakni memenangkan persaingan. Kita optimis PDIP di Pileg Palopo mendatang masing-masing punya keterwakilan dari tiap Dapil," kata Alfri.

Sementara, Partai Gerindra juga mengincar posisi strategis di parlemen. Gerindra pada periode 2014-2019 sebagai peraih suara kedua dengan kedudukan sebagai wakil ketua. Tentunya, Gerindra siap mengembalikan posisi ini di Pileg mendatang. Di Gerindra, ada nama Mustahir Sidu, Bogi Harto (Petahana), Taming Somba, dan Nureny (Petahana), dan Hamzah.

"Kami haqqul yakin, bahwa Gerindra bisa mewujudkan target tersebut. Saya pribadi tentunya terjun langsung dalam membantu partai Gerindra dalam persaingan ini," tandas ketua Gerindra Palopo, Hj Hasriani.(rul/idr)

Gerindra
Mustahir Sidu, Bogi Harto (Petahana), Taming Somba, Nureny (Petahana), dan Hamzah.

PDIP
Angga Bantu (Petahana), Alfri Jamil, Yospin Patayang (Dapil), Muhammad Tazar, Yamin Tallesang (Dapil 2), Jabir (Petahana), Yosep Pasolang (Dapil 3), Yonerius, Atte Balapadang (Dapil 4).

Demokrat
Ansir Ismu, Rober Arelius/Coy (Petahana), Cendrana Saputra (Petahana), Islamuddin (Dapil 2), Irvan ST, Nursafirah (Dapil 3), Bata Manurun (Dapil 4).

  • Bagikan