Demokrat Andalkan Ketokohan Para Caleg

  • Bagikan

Target Rebut Dua Kursi ke Senayan dari Dapil Sulsel 3

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Salah satu partai yang juga optimis untuk mendulang kursi sebanyak-banyaknya di parlemen Pileg 2024, mendatang, adalah Partai Demokrat. Khusus untuk Pileg DPR RI (Senayan), target 2 kursi dari Dapil Sulsel 3 dari tujuh daerah.

Ketokohan para calon legislatifnya pun jadi andalan. Mulai dari purnawirawan jenderal bintang dua kepolisian, pengusaha yang juga tokoh masyarakat, anak mantan pejabat daerah, hingga ketua partai daerah dipersiapkan mengisi komposisi tujuh kursi calegnya.

Seperti diketahui, pasca Pileg 2019, lalu, dua tokoh besar Partai Demokrat di Dapil Sulsel 3 telah dipanggil Yang Maha Kuasa. Yakni Alm. Dr H Bahrum Daido dan mantan Bupati Toraja Utara, Frederik Batti Sorring. Kehilangan dua tokoh ini berpotensi menggerus suara parpol yang mencapai 100 ribu.

Untuk tetap menjaga dan meningkatkan jumlah suara nantinya, Demokrat Sulsel telah memasang strategi dengan membidik para caleg yang punya pengaruh besar di masyarakat, khususnya di Dapil Sulsel 3.

Sebut saja, caleg andalan Demokrat ini ada nama Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang (JFK) yang merupakan mantan Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI. Selain itu, ia juga Ketua Umum Ikatan Keluarga Toraja (IKaT) Nusantara, yang punya jaringan kuat di daerah dan nasional.

Selama ini, ia sangat aktif turun ke masyarakat membantu setiap persoalan, yang dihadapi masyarakat di Dapil Sulsel.
Seperti pada pengungkapan kasus pembunuhan mantan aktivis GMKI Palopo. Bahkan, untuk membantu masyarakat di dalam hukum, JFK kini telah mendirikan kantor bantuan hukum, yang siap selalu mengawal masyarakat mendapat kepastian hukum secara adil.

Selanjutnya, dari figur perempuan, Demokrat juga memasang srikandi yang handal dan petarung. Yakni, Ir Dewi Sartika Pasande M.Si.
Sosok DSP, sapaan akrab dari CEO PT JAS Mulia ini juga diyakini punya jaringan kuat hingga mengakar ke masyarakat. Tak sungkan-sungkan DSP membantu masyarakat di pelosok dengan pelbagai bantuan, khususnya saran air bersih.

Terlihat pada saat Silatnas I BPP KKLR, pekan lalu, sejumlah peserta Silatnas sudah mengenal dan Ketua Umum KKLR H. Arsyad Kasmar juga memperkenalkan sosok DSP ini di dalam forum Wija To Luwu (WTL) sebagai salah satu caleg WTL yang akan ikut berkompetisi di Pileg DPR RI Tahun 2024.

Lalu, ada nama Ketua Demokrat Kabupaten Luwu Utara, Trijoyo Kusnan. Ia bertekad maju dalam pemilihan calon anggota legeslatif (Caleg) DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sulawesi Selatan yang meliputi, Sidenreng Rappang, Enrekang, Luwu, Tana Toraja, Toraja Utara, Luwu Utara, Luwu Timur, Pinrang dan Kota Palopo.
Di Dapil 3, memperebutkan 7 kursi di Pemilu legeslatif (Pileg) di 2024 mendatang.

Triyono mengatakan dirinya siap maju dalam pileg mendatang. “Ya saya siap maju sebagai Bacaleg dari partai Demokrat untuk DPR RI. Pak Ketua DPD (Ni’matullah) sudah merestui untuk saya maju dari Dapil 3 Sulsel,” tutur Triyono.

Dia juga menjelaskan bahwa selain struktur partai yang siap bekerja. Dari komunitas keluarga dan sahabat di Luwu raya dan dari daerah lainnya di Dapil 3 Sulsel siap membantu.

“Saya mendapat dukungan dari teman-teman pengurus khususnya di Lutra untuk maju. Selain itu dukungan juga datang dari komunitas keluarga dan sahabat di Luwu Raya dan sahabat dari kabupaten lainnya di Dapil 3,” ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Lutra ini.

“Sementara itu juga, Saya lagi menyiapkan berkas administrasi untuk pencalonan nantinya. Sambil tim keluarga dan sahabat bekerja di lapangan untuk konsolidasi pemenangan,” imbuh pengusaha ternama di Luwu Raya ini.

Terakhir ada petahana yang juga putra mantan Wakil Bupati Luwu yang juga mantan Ketua Demokrat Luwu, yakni, M Dhevy Bijak.

Dhevy yang merupakan keturunan 'bangsawan' dari Walmas yang terdiri dari 6 kecamatan, pada Pileg 2019, lalu, mampu meraup suara hingga 45 ribu. Hanya saja, pasca meninggalnya ayahandanya, Alm Syukur Bijak, basis suaranya di Walmas kini mulai digerus sejumlah tokoh caleg DPR RI dari Walmas juga. Sebut saja ada nama Caleg DPR RI Hanura Kol. TNI (purn) Amsal Sampetondok, dan Caleg DPR RI Partai Gelora yang juga mantan Wabup Luwu, H. Amru Saher. (idr)

Figur Caleg Demokrat Andalan Dapil Sulsel 3

Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang, Ketua IKaT Nusantara
Ir Dewi Sartika Pasande M.Sc, CEO PT JAS Mulia
Triyono Kusnan, Ketua Demokrat Lutra
M Dhevy Bijak, petahana anggota DPR RI

  • Bagikan