Polisi tidak Anti Kritikan, Bangun Sinergi dengan Media sebagai Pilar Demokrasi

  • Bagikan
KAPOLRES Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin foto salam presisi bersama Direktur Palopo Pos, Amran Suyuti, Direktur Palopopos.co.id, Husain Rasyid, Wadir Ikhwan Ibrahim, Kabag Humas Polres AKP Supriadi, wartawan Palopo Pos, Kahar Iting, Rabu 12 Juli 2023 dalam kunjungan media Polres Palopo. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Kunjungan Media Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin ke Redaksi Palopo Pos

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, Kapolres Palopo, AKBP Safi'i Nafsikin melakukan kunjungan media ke kantor redaksi Harian Palopo Pos, Rabu 12 Juli 2023, kemarin. Sinergi dengan media adalah bagian dari penegakkan demokrasi dan bentuk sinergi bersama.

Sekira pukul 10.30 Wita, mobil dinas Kapolres Palopo sedan Mazda X3 berhenti di depan kantor berita Harian Palopo Pos. Dari balik pintu, Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin dan Kabag Humas Polres AKP Supriadi turun dan berjalan masuk ke dalam.

Disambut Direktur PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID Husain Rasyid dan Pelaksana Pemimpin Redaksi Palopo Pos, Idris Prasetiawan, Kapolres lalu diarahkan ke lantai dua. Di atas sudah menyambut Direktur Palopo Pos, Amran Suyuti.
Dalam pengantar perkenalan kepada Kapolres, Direktur Palopo Pos, Amran Suyuti menjelaskan jika koran Palopo Pos adalah bagian dari Jawa Pos yang memiliki wilayah edar se-Luwu Raya dan Toraja.

Kehadiran Kapolres Palopo di kantor Palopo Pos ini adalah suatu bentuk kebersamaan, sinergi. Karena media tidak bisa bergerak mewartakan tanpa adanya sinergi dengan kepolisian.

Pada kesempatan itu juga, Direktur Amran Suyuti mengungkapkan, jika mumpung dalam masa pelaksanaan Ops Patuh, di wilayah Kota Palopo, masih banyak di dapati kendaraan, utamanya mobil tanpa nomor polisi yang bebas berkendara.

Selain itu, situasi kamtibmas juga masih perlu terus ditingkatkan, apalagi menjelang puncak Pemilu 2024.
"Dengan dukungan dari pihak kepolisian, kami di media siap selalu mewartakan, apalagi sekaitan dengan tahun-tahun politik yang diprediksi bakal panas," kata Direktur Palopo Pos Amran Suyuti berdiskusi lepas dibarengi dengan banyak humor.

Sementara itu, Kapolres Palopo AKBP Safi'i Nafsikin dalam pengantarnya mengaku sudah 6 bulan menjabat di Kota Palopo, dan ini baru pertama kali berkunjung ke kantor Palopo Pos. Ini adalah suatu bentuk silaturahim untuk saling terus mempererat sinergi. Dan ini adalah kewajiban, serta perintah dari atasan (Kapolda dan Kapolri).

"Perintah atasan itu, jangan alergi media. Kamis selalu siap terima kritikan. Hal-hal sekaitan dengan pelayanan dan penegakkan hukum kami selalu terbuka. Jika itu masih dalam proses penyelidikan, tentunya masih belum bisa kami ungkap ke publik, nanti di proses pengadilan akan terbuka semua," jelasnya.

Sebagai bentuk sinergi dengan media dan masyarakat, dalam waktu dekat, pihaknya akan menyiapkan dua ruangan khusus. Yakni ruangan brain stroming dan ruang convergen panrita yang berkaitan dengan pelayanan di kepolisian.

Di kesempatan itu juga Kapolres meminta masyarakat untuk tidak segan melaporkan jika ada pelayanan yang dianggap tidak sesuai SOP. "Kalau ada temuan laporkan, sampaikan ke Propam tentunya dilengkapi bukti-bukti. Karena perintah Bapak Kapolri layani masyarakat dengan mudah, jangan bikin susah," tegasnya.

Diskusi kembali berlanjut yang banyak mengarah ke perhelatan Pemilu, perekonomian hingga keamanan di Kota Palopo tersebut, bahwa Kota Palopo saat ini dalam keadaan konfusif.

"Alhamdulillah, angka kriminalitas di Palopo menurun, paling ada terjadi bisa dihitung satu sampai dua kejadian saja. Semua itu tak lepas dari peran seluruh stakeholder dalam membantu kepolisian mengamankan Kota Palopo," kata Safi'i Nafsikin.

Bahkan di awal ia menjabat, sejumlah kasus berhasil diungkap, salah satunya meresahkan warga ada penyelewengan BBM subsidi, yang membuat masyarakat kewalahan antre di SPBU.

Di akhir pertemuan, Kapolres juga meminta dukungan media untuk terus mewartakan hal-hal menjadi ikon kota, apalagi Palopo sebagai Kota Jasa dan Pendidikan, serta beberapa spot wisata yang perlu dikembangkan. (ded/idr)

  • Bagikan