Pelantikan Pengurus Masjid IC versi Pemkot Palopo Batal

  • Bagikan
PERTEMUAN Pihak Yayasan ICDS dengan pihak Wali Kota Palopo di kantor Polres Palopo berlangsung alot, Rabu 19 Juli 2023. Nampak sejumlah pejabat Pemkot Palopo di halaman Masjid IC yang akan menghadiri peringatan 1 Muharram 1445H. IKHWAN/PALOPO POS

Pertemuan Wali Kota dengan Yayasan ICDS di Polres Palopo, Alot

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Pelantikan Pengurus Masjid Islamic Centre (IC) versi Pemkot Palopo, batal dilaksanakan pada Rabu, 19 Juli 2023 kemarin.

Sesuai undangan Pemkot Palopo No. 400.8/377/Kesra tertanggal 17 Juli 2023 yang diteken Sekkot Palopo, Drs Firmanza DP SH MSi, pelantikan dijadwalkan pada Rabu pagi pukul 09.30 Wita di Aula Islamic Centre Palopo. Namun hingga pukul 12.00 Wita, tidak ada pelantikan.

Sekretaris Yayasan Islamic Centre Datok Sulaiman (ICDS), Ir Taswin yang muncul di Masjid IC sebelum salat duhur mengatakan, berdasarkan pertemuan di Polres Palopo, tidak ada pelantikan. Yang ada hanya acara peringatan 1 Muharram di dalam Masjid IC.

Pantauan Palopo Pos di IC sekira pukul 10.00 - 12.00 Wita, terlihat ibu-ibu memenuhi Masjid IC. Kemudian bapak-bapak dan sejumlah pejabat Pemkot terlihat menunggu di pelataran masjid.

Banyak juga aparat polisi berseragam dinas maupun berpakaian biasa, stand by di pelataran Masjid IC.
Sebelumnya, sejumlah undangan hendak masuk ke Aula IC, namun tidak bisa karena pintunya digembok pakai rantai.

PERTEMUAN DI POLRES
Pemkot Palopo dan Pengurus Yayasan Islamic Centre Datok Sulaiman (ICDS) menghadiri pertemuan di Polres Palopo, Rabu, 19 Juli 2023 hingga sekira pukul 11.00 Wita.
Pertemuan ini dimediasi Kapolres Palopo, AKBP Syaf'i Nafsikin. Hadir pula Dandim 1403 Palopo.

Dari pihak Pemkot, hadir Wali Kota Palopo HM Judas Amir, Sekkot Firmanza DP, Asisten II Ilham Hamid, Inspektur H Asir Mangopo, Kabag Hukum Subair, dan lainnya.

Sementara pihak Yayasan ICDS yang hadir yakni Andi Mudzakkar (Pembina), H Haidir Basir (Pengawas), Taswin (Sekretaris), AKBP Purn Suparman, Marham Ismail., Dr Irman Halid, dan lainnya.
Hadir juga pihak independen, Alfri Jamil yang juga Ketua PDIP Palopo.

Menurut HB (Haidir Basir) usai pertemuan, pertemuan berlangsung alot. Kedua pihak bertahan pada sikapnya.
"Saya selaku juru bicara yayasan pada pertemuan ini, menolak pelantikan pengurus masjid versi Pemkot. Sebaliknya Pak Wali ngotot mau melantik," katanya.

Alasan yayasan ICDS menolak karena yang berhak membentuk dan melantik pengurus Masjid IC adalah Yayasan ICDS. Sebab secara dejure dan defacto, Yayasan ICDS memiliki SK Pengesahan dari Kemenkum HAM.
"Sejak awal, pihak yayasan menyampaikan tidak menghalang-halangi peringatan 1 Muharram. Tapi soal pelantikan, secara tegas kami (yayasan) menolak," terang HB.

Akhirnya, lanjut HB, Dandim 1403 Palopo menawarkan solusi sementara yakni peringatan 1 Muharram dilaksanakan di Masjid IC.

Sedang pelantikan pengurus Masjid IC tidak dilaksanakan pada hari Rabu. Dan ditunda hingga tiga hari ke depan. Sedang tempat pelantikan masih akan dibicarakan para pihak.

Humas Polres Palopo, AKP Supriadi yang dikonfirmasi usai pertemuan menjawab, tidak ada pelantikan. "Ditunda," jawabnya singkat. Kabag Kesra Pemkot Palopo, Lukman S.FilI yang dikonfirmasi, menyatakan no comment.(ded-ikh)

  • Bagikan