Hayarna Puji Keasrian Sungai Tampa-Ponrang

  • Bagikan

Ketua TP-PKK Luwu yang juga Ketua FKS Luwu Dr Hj Hayarna Hakim SH, M.Si, Jumat (21/7) lalu meninjau lokai Sungai di Desa Tampa dan memuji keasriannya. Lokasi ini dijadikan lokus untuk penilaian penghargaan Kesehatan tingkat Nasional Tahun 2023 di Kab Luwu. --andrie islamuddin--
 

Dijadikan Lokus Penilaian KKS Tahun 2023

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PONRANG-- Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Luwu Dr Hj Hayarna Hakim SH, M.Si yang juga Ketua Forum Kabupaten/kota Sehat (KKS) pada Jumat, 21 Juli 2023 melakukan kunjungan Lokus penilaian Kabupaten/Kota Sehat di Desa Tampa Kecamatan Ponrang.

Dalam kunjungan tersebut Hayarna yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Hj Enrika, SE, M.Si memuji keasrian dan kebersihan sungai Tampa-Ponrang yang terlihat bersih, bebas dari sampah bahkan dijadikan lokasi objek wisata desa.

"Kami memberi apresiasi dan berterima kasih masyarakat Desa Tampa yang menjaga kebersihan Sungai Tampa. Semoga kebersihan sungai ini terus dijaga. Dan yang tidak kalah pentingnya, saya sangat berharap sungai Tampa ini bebas
Open Defecation Free (ODF) atau Bebas dari aktivitas Buang Air Besar Sembarangan. Untuk mendukung hal itu, dilokasi ini akan disiapkan sarana MCK laki-laki dan perempuan,'' ungkap Hayarna.         
 
Di hadapan sejumlah tokoh masyarakat Desa Tampa, Hayarna juga tidak henti-hentinya mengajak untuk berprilaku hidup bersih dan sehat dengan menerapkan  5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yaitu Berhenti buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Kepala DLH Luwu Hj Enrika SE, M.Si, mengatakan Ketua TP-PKK Luwu yang juga Ketua KKS Luwu Hj Hayarna saat ini intens melakukan kunjungan Lokus KKS dalam rangka melakukan evaluasi akhir sebelum dilakukan verifikasi penilaian dalam rangka penghargaan Kesehatan tingkat Nasional Swasti Saba Wistara

"Desa Tampa ini termasuk Lokus KKS Luwu untuk penilaian tatanan Pemukiman dan Fasilitas Umum Sehat dalam hal yang akan dinilai Sungainya yang bersih. Untuk itu seperti yang diungkapkan Ibu Dr Hj Hayarna Hakim SH, M.Si, dilokasi ini akan dilengkapi MCK dan juga tempat membuang sampah, agar lokasi ini senantiasa asri dan bersih" Kata Enrika. (andrie islamuddin)

  • Bagikan