Usai dari Makassar, Pengguna Mobil Listrik Gunakan Fasilitas SPKLU di PLN UP3 Palopo

  • Bagikan
Manajer PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami menyaksikan pelanggan mobil listrik melakukan charging di SPKLU PLN UP3 Palopo, Kamis 25 April 2024. Kendaraan tersebut baru tiba di Palopo usai melakukan perjalanan jauh dari Makassar.IST
  • Pak Aziz: Lancar, Murah, dan Cepat

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID PALOPO -- Kehadiran Stasiun Penyedia Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Kota Palopo sangat dirasakan manfaatnya oleh pelanggan, utamanya yang memiliki kendaraan bertenaga listrik.

Dimana terlihat, satu unit kendaraan mobil listrik tipe Hyundai IONIC 5 melakukan charging di SPKLU Palopo di Jalan Veteran, Kamis 25 April 2024.

Pemilik mobil listrik bernama Pak Aziz terlihat melakukan charging mobil listrik Hyundai IONIC 5 miliknya, setelah melakukan perjalanan dari Kota Makassar ke Palopo dengan jarak 370 km. Dimana, tersisa baterai 25% setelah sampai di Kota Palopo. Saat melakukan charging mobil listrik dengan durasi charging sampai penuh 100% hanya membutuhkan waktu 87 menit dengan biaya Rp162.843, atau sejumlah 59,46 kWh.

Manajer PLN UP3 Palopo, Rathy Shinta Utami bertemu langsung dengan pelanggan Pak Aziz ini untuk berkomunikasi terkait layanan PLN Mobile dan Charging SPKLU (Stasiun Penyedia Kendaraan Listrik Umum) yang dihadirkan PLN UP3 Palopo.

Rathy lalu menanyakan kepada pelanggan Pak Aziz, bagaiman bisa tahu jika ada SPKLU di Palopo? Dijawab Pak Aziz, kalau ia mengetahui SPKLU di Palopo dari Aplikasi PLN Mobile, yaitu pada menu Electric Vehicle lalu pada menu tersebut adalah pilihan SPKLU.

Lanjut Rathy kembali bertanya bagaimana cara melakukan transaksi untuk pemakaian charging SPKLU? Kembali dijawab Pak Aziz, kalau caranya sangat mudah, tinggal scan barcode yang tertera pada SPKLU lalu input nominal kWh yang dibutuhkan kemudian bayar. Setelah itu hubungan charger ke mobil listrik kemudian start charging.

"Sangat mudah dan cepat. Setelah itu saya tunggu sambil ngopi-ngopi," ungkap Pak Aziz.

Bahkan katanya, di Aplikasi PLN Mobile juga bisa kita monitor proses chargingnya sudah berapa persen tanpa harus kita tunggu di lokasi charging SPKLU.

Usai melakukan charging kendaraannya, Pak Aziz lalu memberikan kesan kalau pengisian kendaraan listrik di SPKLU Palopo, lancar, tidak antre, mudah, murah, dan cepat.

Sementara itu, Rathy menambahkan untuk lokasi semua SPKLU bisa di lihat pada aplikasi PLN Mobile, dan SPKLU ini tidak hanya ada di Palopo tetapi juga ada Kantor PLN ULP Rantepao jika sewaktu-waktu sedang berkendaraan di wilayah Toraja, serta ketika sedang di wilayah Luwu Timur, SPKLU juga dapat dijumpai di Kantor PLN ULP Malili.

"Jadi pelanggan sudah tidak perlu ragu lagi melakukan perjalanan jauh karena di setiap kabupaten di wilayah kerja PLN UP3 Palopo sudah tersedia SPKLU-nya," tandas Rathy.(idr)

  • Bagikan