Astaga! Dinding Gua Hira di Arab Saudi Dicoret-coret, Ini Reaksi KJRI

  • Bagikan
Penampakan dinding Gua Hira Saudi dicoret-coret. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, ARAB SAUDI -- Tak patut ditiru. Yah, aksi vandalisme atau perusakan properti. Seperti di area bebatuan jalur pendakian menuju ke Gua Hira di Hejaz, Arab Saudi.

Tindakan ini tentunya sangat disayangkan karena dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab. Terlebih dilakukan di tempat yang disucikan.

Viral di media sosial kondisi terkini Gua Hira yang dinodai dengan coretan-coretan. Tindakan ini pun sudah termasuk vandalisme.

"Bebatuan di jalur pendakian ke Gua Hira itu adalah vandalism, orang menulis nama dia kemudian love dengan nama kekasihnya," katanya dikutip dari @lambe_turah pada Rabu (26/7/2023).

Dalam video mengklaim jika oknum yang melakukan tindakan ini berasal dari Indonesia. Terlihat jelas dari nama-nama yang tertera. Hingga tulisan Depok yang membuat salah fokus.

"Dan beberapa pelaku vandalisme ini jelas orang Indonesia karena dari namanya. Dan Depok dong!," kata orang dalam video," sambungnya.

Terkait hal ini, Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah Eko Hartono sangat menyesalkan terjadinya hal ini.

"Iya, kami menyesalkan adanya tindakan segelintir orang, kemungkinan besar dari Indonesia, yang membuat coret-coret di area Gua Hira," kata Eko.

Belum lagi permasalahan lainnya yakni sampah yang ditinggalkan oleh pengunjung di area yang merupakan temoat suci diturunkannya Al-Quran.

"KJRI Jeddah senantiasa mengimbau semua pihak, termasuk jamaah Indonesia, agar menjaga kebersihan dan kerapian apalagi di tempat sakral seperti Gua Hira yang merupakan tempat turunnya ayat suci Al Quran," ujarnya. (fajar/palopopos)

  • Bagikan