DPRD Godok Tiga Nama Pj Wali Kota Palopo

  • Bagikan

Mendagri Sudah Layangkan Surat Permintaan Calon

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- DPRD Kota Palopo sudah menerima surat dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pengusulan nama-nama calon Penjabat (Pj) Wali Kota Palopo.

Diketahui, jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Palopo berakhir 26 September 2023. Sehingga, proses pemerintahan di Palopo akan dikendalikan Pj sampai adanya Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih 2024 mendatang.

Di tubuh DPRD Kota Palopo sendiri melalui setiap Fraksi sudah mengancang-ancang beberapa nama untuk diajukan sebagai Pj Wali Kota. Ada, Sekretaris daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza, Dosen IPDN, yang juga merupakan mantan Kepala BPKAD Palopo, Hamzah, Jalante.

Kemudian, juga ada nama Sekda Luwu Timur, Bahri Suli, dan Kepala Biro Pemprov Sulsel, Andi Iksan Bassaleng.

Bahkan, internal DPRD sudah merapatkan membicarakan perihal pengusulan nama-nama calon Pj. Hal itu didasarkan surat yang dikeluarkan pimpinan DPRD yang meminta kepada Fraksi-fraksi DPRD untuk mengusulkan maksimal tiga nama calon Pj disertai dengan riwayat jabatan yang berakhir, Rabu, 2 Agustus 2023.

Ketua Fraksi Nasdem, Dahri Suli membenarkan perihal tersebut. Menurut Dahri Suli bahwa permintaan dari Kemendagri terkait nama-nama calon Pj sudah diterima DPRD.

"Permintaan calon Pj ini sudah bergulir di masing-masing Fraksi. Setiap Fraksi diminta mengusulkan maksimal tiga nama calon," kata Dahri Suli, di ruang kerjanya, Selasa, 1 Agustus 2023.

Ada tiga nama calon yang telah disiapkan Fraksi Nasdem yakni, Andi Iksan Bassaleng, Firmanza dan Bahri Suli.
"Untuk syarat calon Pj ini dengan kategori jabatan tinggi pratama (JPT) atau Eselon 2A atau Golongan 4D," kata ketua PKB Palopo ini.

Sementara, Fraksi Gerindra juga sudah mempersiapkan nama calon. Seperti, Bahri Suli, Hamzah Jalante dan Andi Iksan Bassaleng.

"Tiga nama itu hampir pasti yang kami ajukan," kata anggota Fraksi Gerindra, Budirani Ratu.(rul/idr)

Nama-nama Diusul Pj Wali Kota

  • Sekda Kota Palopo, Firmanza
  • Dosen IPDN Hamzah Jalante
  • Sekda Luwu Timur, Bahri Suli
  • Kepala Biro Pemprov, Andi Iksan Bassaleng
  • Bagikan