Anggota DPR RI Sarce Bandaso Mengapresiasi Gelaran HIMAS 2023 Sukses Digelar

  • Bagikan

Anggota DPR RI, Sarce Bandaso Tandiasik saat menghadiri Hari Internasional Masyarakat Adat Sedunia (HIMAS) yang dilaksanakan oleh AMAN, Rabu, 9 Agustus 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO-- Anggota DPR RI dari Fraksi Partai PDI Perjuangan Sarce Bandaso Tandiasik, S.H., M.H.mengapresiasi atas digelarnya acara hari internasional masyarakat adat sedunia (HIMAS) Tahun 2023 .

Kegiatan HIMAS tersebut sukses digelar,yang dipusatkan di Tongkonan Ke'te Kesu, Kecamatan Kesu', Kabupaten Toraja Utara yang digelar Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Rabu, 9 Agustus 2023.

Terkait HIMAS 2023 ,Sarce Bandaso Tandiasik kepada Palopo Pos, mengatakan kegiatan ini sangat baik ,karena untuk meningkatkan kegiatan adat di daerah - daerah ,dan bukan hanya Toraja tetapi seluruh wilayah .

"Mereka ini sangat antusias memperlihatkan adat-istiadat yang hampir punah namun dikembangkan kembali oleh Masyarakat Adat yang hadir saat ini," jelasnya.

Event HIMAS 2023 menurut Sarce Bandaso sapaannya, kegiatan saat ini kelebihannya adalah bisa memperkenalkan adat di setiap daerah dan ke depannya agar ditingkatkan kembali.

Terkait undang-undang adat yang menurut Sarce sementara digodok dan diharapkan ke depan masalah adat dapat dikembangkan.

"Kita berharap agar undang -undang terkait masalah adat ini bisa disahkan di DPR RI , supaya masalah adat -adat di daerah-daerah tidak akan punah dan tetap berkembang. Sehingga dapat diteruskan oleh generasi saat ini sesuai temanya "Pemuda Adat sebagai Agen perubahan untuk menentukan nasib sendiri". (Albert tinus)

  • Bagikan