Inovasi Program Mandiri Benih Antarkan Gubernur Andi Sudirman Terima Penghargaan Adhikarya Nararya dari Wakil Presiden

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID JAKARTA - Alhamdulillah, menerima penghargaan tertinggi nasional Adhikarya Nararya Pembangunan Pertanian diserahkan Wakil Presiden, Bapak Prof. Dr. (HC) KH. Ma'ruf Amin di Aula Istana Wakil Presiden, Senin 14 Agustus 2023.

Ini atas kontribusi dan keberhasilan dalam mendukung strategi pencapaian peningkatan produksi pertanian.

Kado istimewa di bulan Kemerdekaan RI ini sebagai bagian mengalami surplus beras sebanyak 2,08 juta ton pada 2022 dan tercatat mampu berkontribusi sebanyak 25 persen untuk stok beras nasional.

Surplus didukung oleh inovasi Program Mandiri Benih yang menaikan produksi padi Sulsel 269.500 ton (data BPS).

Mandiri Benih merupakan program prioritas inisiasi untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul. Penangkaran dilakukan di Sulsel sendiri oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov kerjasama dengan para petani penangkar serta melibatkan penyuluh serta seluruh stakeholders.

Selain menjadikan Sulsel sebagai Provinsi dengan Surplus Tertinggi Nasional 2022. Juga Peringkat III Nasional Indeks Ketahanan Pangan Provinsi, serta Bappenas melirik Program Mandiri Benih Andalan menjadi Program Nasional.

Tentu ini penghargaan bukan bagi gubernur saja, tetapi berkat kerja keras dari seluruh stakeholder yang telah bekerja bersama saling mendukung, baik itu Dinas Ketahanan Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel; para petani; penyuluh dan pengawas tanaman; petugas pengendali organisme pengganggu tumbuhan; serta dinas terkait di kabupaten/kota dan provinsi.(hms/idr)

  • Bagikan