Terbesar di Luwu Utara Prosesi Pemakaman Adat Toraja Almarhum Orang Tua Saltima Ri’pi Tangjong di Hombes Bungadidi

  • Bagikan

Suasana prosesi Pemakaman Adat Toraja kedua orang tua dari Saltima Ri'pi Tangjong, ibunya bernama Debora Rangga Tangdiong dan ayahnya bernama Sertu Purn Marthen Ri'pi yang dimulai sejak 21 Agustus 2023 dan berakhir 30 Agustus 2023 kemarin di Hombes Desa Bungadidi Kecamafan Tana Lili Luwu Utara. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MASAMBA-- Prosesi Pemakaman Adat Toraja di Hombes Desa Bungadidi Kecamatan Tanalili Kabupaten Luwu Utara salah satu terbesar di Luwu Utara.

Pasalnya, Prosesi Pemakaman kedua orang tua dari Saltima Ri'pi Tangjong, ibunya bernama Debora Rangga Tangdiong dan ayahnya bernama Sertu Purn Marthen Ri'pi yang dimulai sejak 21 Agustus 2023 dan berakhir 30 Agustus 2023 kemarin, sangat meriah dan menyita perhatian masyarakat se Luwu Utara untuk dapat menyaksikan prosesi pemakaman Adat Toraja terbesar di Luwu Utara ini.

Selain dilakukan secara adat, prosesi pemakaman juga dilakukan secara militer oleh Anggota TNI dari Kodim 1403 Palopo yang dipimpin Langsung Anak Mantu almarhum Kolonel Arh C N F Tangjong, MDA yang juga suami dari Saltima Ri'pi Tangjong.

Saltima Ri'pi Tangjong saat ditemui usai prosesi pemakaman kedua orang tuanya, 30 Agustus 2023 mengatakan puji syukur atas terlaksananya proses pemakaman kedua orang tua kami.

''Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan prosesi pemakaman ini. Kepada Kodim 1403 Palopo, anggota Koramil Bone Bone serta tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat serta umat muslim yang turut dalam menghadiri dan menyukseskan acara pemakaman kedua orang tua kami,'' katanya.

Sementara itu, Daniel Palamba salah satu ponakan almarhum mengatakan bahwa prosesi pemakaman dilakukan secara Adat Toraja dan secara militer karena almarhum merupakan purnawirawan TNI.

''Kedua almarhum orang tua kami di makamkan di Patane Hombes Bungadidi Luwu Utara,'' katanya. (junaidi rasyid)

  • Bagikan