1900 Pelajar di Makale Menerima Beasiswa PIP Jalur Aspirasi Eva Rataba Tahun 2023

  • Bagikan

Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba saat penyerahan beasiswa di Tammuan Mali Makale, Kabupaten Tana Toraja.Senin ,1 September 2023. --albert tinus--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID,MAKALE - Ribuan orang tua peserta didik di Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel) antusias mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP).

Sebanyak 1.900 peserta didik mendapatkan beasiswa PIP jalur Aspirasi Anggota Komisi X DPR RI dati Fraksi Partai Nasdem Eva Stevany Rataba pada tahap pertama tahun anggaran 2023.

Penyerahan beasiswa ini berlangsung di gedung Tammuan Mali Makale Kabupaten Tana Toraja, Jumat ,1 September 2023.

Penyerahan ini juga dihadiri orang tua siswa SD, SMP dan SMA/SMK se Kecamatan Makale.

“Senang, karena sudah ada bisa sedikit bantu ekonomi sekolahkan anak-anak. Jadi tidak terlalu berat pikirkan biaya sekolah,” kata salah seorang orang tua murid Kristina.

Kristina mengungkapkan, dirinya yang hanya berprofesi ibu rumah tangga terbebani untuk menyekolahkan 3 anaknya yang duduk di bangku SD dan SMP. Sehingga kata dia, adanya PIP tersebut beban biaya sekolah anaknya berkurang.

“Sedikit berkurang beban karena tidak dipikir lagi biaya sekolah. Apalagi kita ini hanya ibu rumah tangga pak, anak 2 SD dan 1 di SMP, Puji Tuhan sudah saya dapat PIP ini, terima kasih ibu Eva Rataba” ungkapnya.

Sementara itu anggota Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Nasdem Eva Stevany Rataba mengutarakan, PIP ini berguna untuk menekan angka putus sekolah di Tana Toraja. Menurutnya, salah satu daerah kategorikan maju dilihat dari sumber daya manusia (SDM) yang unggul melalui peserta didik.

“Ini beasiswa PIP melalui jalur aspirasi, jadi sebanyak 1.900 peserta didik SD, SMP dan SMA yang mendapat. Ini agar angka putus sekolah di Tana Toraja dapat ditekan,” ucapnya.

Eva menambahkan, orang tua tidak punya lagi alasan untuk tidak menyekolahkan anaknya. Sehingga dirinya sangat berharap beasiswa tersebut bisa digunakan dengan baik.

“Jangan lagi ada anak-anak kita yang putus sekolah hanya karena tidak ada biaya. Apa gunanya gedung mewah, sarana dan prasarana sekolah bagus tapi tanpa SDM yang unggul,” tandasnya.

Untuk diketahui tahun 2023 ini ditahap pertama sebanyak 15ribu pelajar se Kabupaten Tana Toraja menerima beasiswa PIP jalur aspirasi Anggota Komisi X DPR RI ini. (Albert)

  • Bagikan