Partai Buruh tak Mau Sekadar Penggembira

  • Bagikan

Target Punya Kursi di Parlemen Sulsel dan Senayan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Partai Buruh Exco Sulsel pada menyerahkan dokumen fisik bacaleg Provinsi Sulawesi Selatan di Gedung Komisi Pemilihan Umum Jalan A.P Pettarani No.102, Kecamatan Rappocini, Senin (10/7/2023), lalu, mengaku para calegnya siap bersaing.

Ahmad Rianto Ketua Exco Partai Buruh Sulsel menjelaskan sebanyak 11 dapil dengan sejumlah 85 orang bacaleg telah diserahkan dokumen fisiknya ke KPU Sulsel, dan kami siap bersaing dan bertarung dengan kontesta dari partai yang lain di Pemilu 2024.

“Untuk Partai Buruh kami menargetkan 11 kursi di DPRD Sulsel, yang dimana seluruh bacaleg Partai Buruh adalah merupakan buruh, kelas pekerja, petani, nelayan, miskin kota, mahasiswa, mantan buruh migran, penyandang disabilitas, aktifis perempuan, jurnalis dan kelompok minoritas yg memang betul-betul berasal dari rakyat yg selama ini berjuang dan bekerja untuk rakyat,” jelasnya.

Tambah Rinto sapaan Ketua Exco Partai buruh, dirinya yakin dengan perjuangan di parlemen mengajak seluruh kelas pekerja dan menjadikan partai buruh sebagai alat perjuangan politik bersama untuk menuju negara sejahtera.

Untuk kursi ke Senayan, Partai Buruh Exco Sulsel juga telah memasang tujuh caleg andalannya. Yakni, 1. Andi Sigit, 2. Septian, 3. Mumun Maemunah, 4. Nur Abidin Al Kahfi, 5. Moehammad Affandy, 6. Sally Amelia, dan 7. Moch. Chandra Wiguna.

Target Nasional
Partai Buruh menargetkan memperoleh minimal 30 kursi di DPR RI pada Pemilu 2024. Target itu meliputi pemenangan legislatif di sejumlah daerah pemilihan (dapil).

"Target kursi DPR RI adalah 20 kursi minimal dan 30 kursi maksimal," kata Ketum Partai Buruh Said Iqbal dalam konferensi pers, di Hotel Ciputra Grogol, Jakarta Barat, Senin (16/1/2023).

"20 kursi itu meliputi Sumatera Utara 1 kursi, Riau 1 kursi, Kepulauan Riau 1 kursi, DKI Jakarta 2 kursi, Jawa Barat 7 kursi, Jawa Timur 3 kursi, Banten 3 kursi, Maluku 1 kursi dan Maluku Utara 1 kursi," imbuhnya.

Iqbal menyebut beberapa daerah pemilihan tambahan bila partainya meraih target 30 kursi di Senayan. Beberapa di antaranya yakni Jawa Barat, Bengkulu, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Tengah, hingga Papua Pegunungan.

"Sedangkan 30 kursi kami akan merebut tambahannya dari Bengkulu 1 kursi, Jawa Barat tambahannya 2 kursi, Sulawesi Selatan 1 kursi, Sulawesi Tenggara 1 kursi, Papua Tengah 1 kursi, dan Papua Pegunungan 1 kursi. Itu lah dapil-dapil yang akan direbut Partai Buruh," beber Said Iqbal.

Selain jumlah kursi, Partai Buruh menargetkan meraih 4 persen dari total suara nasional. Said Iqbal mengatakan 4 persen setara dengan 6 hingga 7 juta suara nasional.

"(Target) Kurang lebih 6 sampai 7 juta suara, di 5 provinsi basis buruh dan petani, yaitu Jawa Barat, kami menargetkan jabar itu 2 sampai 3 jt suara sah. Kedua di DKI Jakarta, realistis karna basis buruh.

Ketiga, Banten, kota sejuta pabrik. Keempat, Jawa Timur, dan yang terakhir Kepulauan Riau," ungkapnya.
Sementara terkait pilkada, Partai Buruh menargetkan 10 kepala daerah, yakni Wali Kota Bekasi, Bupati Bekasi, Wali Kota Batam, Wali Kota Jayapura, Wakil Bupati Karawang, Wakil Bupati Purwakarta, Wakil Bupati Kabupaten Tangerang, Wakil Bupati Pasuruan, Wakil Bupati atau Bupati Karangasem, dan Bupati Padang Lawas.(idr)

7 Caleg Partai Buruh DPR RI Sulsel 3

  1. Andi Sigit
  2. Septian
  3. Mumun Maemunah
  4. Nur Abidin Al Kahfi
  5. Moehammad Affandy
  6. Sally Amelia
  7. Moch. Chandra Wiguna
  • Bagikan