HUT Tana Toraja ke-66, Ini Pesan Bupati Theofilus

  • Bagikan

Foto bersama Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dan Forkopimda Tana Toraja pada puncak perayaan HUT ke 66 tahun Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja ke 776 dilaksanakan di Lapangan Saluputti, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (31/8/2023). --risna--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, TANA TORAJA - Puncak perayaan HUT ke-66 tahun Kabupaten Tana Toraja dan Hari Jadi Toraja ke-776 dilaksanakan di Lapangan Saluputti, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (31/8/2023).

Kegiatan diawali perayaan ibadah syukur dilanjutkan Rapat Paripurna DPRD Tana Toraja yang dihadiri Ketua, Wakil Ketua dan sejumlah Anggota DPRD Tana Toraja.

Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung didampingi Wabup dr. Zadrak Tombeg menyambut Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman (Andalan).

Gubernur Andalan disambut tari-tarian budaya Toraja dan diantar ke panggung utama dan menyapa masyarakat serta tamu undangan.

Turut hadir Asisten, Staf Ahli serta beberapa Kepala OPD Pemprov Sulsel sempat hadir, Anggota DPRD Sulsel Fraksi Golkar, John Rende Mangontan (JRM), jajaran Forkopimda Tana Toraja, Bupati dan Wabup Toraja Utara dan Asisten Pemerintah Kabupaten Luwu.

Ketua dan Anggota DPRD Tana Toraja, Ketua KBPP Polri Sulsel, Ilham Arief Sirajuddin, mantan Wabup Tana Toraja, Victor Datuan Batara (VDB), para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pimpinan Partai Politik dan tamu undangan lainnya.

Bupati Theofilus Allorerung pada sambutannya mengatakan, Toraja hebat karena SDMnya yang semakin bertumbuh dan memperkuat diri dalam menggelorakan nilai budaya Toraja ditengah pergantian generasi.

“Memegang teguh budaya kita bisa membawa Toraja kita ini menjadi Toraja Mala’bi, Toraja yang beragung, berwibawa, mandiri dan hebat,” ucapnya.

Lanjut Theo, selama 66 tahun pemerintahan Tana Toraja ada dinamika dan problematika seiring bergantinya waktu ditengah masyarakat, namun dengan filsafat ‘Misa Kada Dipotuo, Pantan Kada Dipomate’ maka kita tetap tegap berdiri kokoh hingga saat ini.

Orang nomor satu di Tana Toraja itu mengajak masyarakat untuk terus memperbaiki kehidupan bersama, tatanan budaya masyarakat yang terus bertambah.

“Pada indikator ekonomi kita sudah capai dan cukup sebagai konsistensi pada tingkat menunjukan pertumbuhan yang positif untuk menuju harapan kita sesuai cita-cita pembangunan RMPJMD 2026 nanti,” ungkapnya.

Theofilus mengatakan, apa yang telah dicapai selama pemerintahan Tana Toraja belum memberi harapan karena keterbatasan, namun adanya kolaborasi seluruh jajaran pemerintah dan stakeholder, bantuan para tokoh-tokoh, maka kita harus optimis dan semangat karena Toraja memiliki akar budaya kuat untuk meraih kemajuan.

Bupati Theofilus Allorerung disisa masa jabatan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan terima kasih atas dukungan bantuan keuangan dan infrastruktur jalan di Tana Toraja selama menjabat.

“Pak Gubernur ini terus hadir untuk Toraja, memberi bantuan keuangan dan infrastruktur, kami pemerintah dan masyarakat Tana Toraja sampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya,” tuturnya.

Kata Bupati Theo, setelah berakhirnya jabatan Gubernur Andalan nanti semoga dapat melanjutkan perjuangan dan kehidupan masyarakat Sulawesi Selatan.

“Semoga perayaan daerah kita ini akan terus memotivasi serta menyemangati dan menginspirasi melakukan yang terbaik seperti apa yang telah diberikan Pak Gubernur untuk Toraja, yakinlah Tuhan akan menuntun dan bersama kita meraih yang terbaik,” tutupnya.

Pada akhir perayaan, dilanjutkan penyerahan bantuan kepada anggota Paskibraka tingkat nasional dan provinsi tahun 2023, penyerahan sertifikat kepada masjid dan gereja serta penyerahan hadiah juara lomba-lomba diantaranya Tournament Domino Bupati Cup I, lomba Kecamatan dan lomba-lomba lainnya dalam memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dan HUT ke-66 Tana Toraja. (Risna)

  • Bagikan