Luwu Tuan Rumah Jambore PKK se-Sulsel, Gubernur: PKK jadi Penopang Ketahanan Pangan Keluarga

  • Bagikan
Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman membuka jambore PKK se-Sulsel di Lapangan Andi Djemma Belopa, Jumat 1 September 2023. Turut hadir Bupati Luwu, Dr H Basmin Mattayang, Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Ketua TP PKK Luwu Dr Hayarna Basmin, Bupati Lutra Hj Indah Putri Indriani, Bupati Sidrap Dollah Mando, dan sejumlah pejabat lainnya. IRFAN/PALOPO POS

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BELOPA-- Kabupaten Luwu menjadi tuan rumah Jambore PKK se-Sulsel, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Lapangan Andi Djemma Belopa, Jumat 1 September 2023.

Selain itu juga jambore PKK Ini juga dirangkaikan dengan acara pekan UMKM. Di bawah komando tim penggerak PKK Kabupaten Luwu, Hayarna Hakim acara pembukaan berjalan dengan lancar.

"Acara Jambore PKK, diisi dengan berbagai kegiatan misalnya lomba. Termasuk pameran UMKM yang dihadiri oleh para pelaku usaha sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari kunjungan pengurus dan kader PKK Se- Sulsel," ujar Ketua TP PKK Kabupaten Luwu, Dr Hj Hayarna Basmin, SH. M.Si, kepada Palopo Pos, Jumat 1 September 2023.

Kegiatan ini diawali dengan pawai dari pengurus PKK di 24 Sulsel. Dalam sambutannya Bupati Luwu Basmin Mattayang mengatakan jika jambore yang kedua kalinya di kabupaten Luwu dimana pada 2006 lalu merupakan waktu terakhir kalinya pelaksanaan jambore di Luwu.

"Suatu kebanggan bagi kami karena ditunjuk sebagai tuan rumah, karena itu mewakili elemen masyarakat Luwu dan peserta jambore menyampaikan ucapan terima kasih kepada bapak gubernur dan nyonya," ujarnya.

Basmin juga berharap agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan baik. Untuk itu ia meminta seluruh panitia agar bekerja dengan baik melayani seluruh tamu undangan.
"Para pelaku usaha tentu juga keciprat dari kegiatan ini, bisa kita lihat berapa banyak pelaku ukm yang memadati lapangan," jelasnya.

Sementara itu Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Naomi Oktarina mengatakan bahwa, melalui kegiatan itu, TP PKK harus mengembalikan marwah PKK sebagai sebuah gerakan yang membantu dan mendukung pemerintahan, termasuk mengembangkan UMKM, pemberdayaan ibu dan anak.

“Semoga kegiatan ini dapat dimasifkan untuk turut membantu teman-teman PKK Kabupaten Kota,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan bahwa, penyelenggaraan Jambore TP PKK itu, sebagai wahana motivasi, ajang silaturahmi dan kerjasama tim untuk seluruh pengurus TP PKK se-Sulsel.

“TP PKK se-Sulsel diharapkan mampu menjadi pelopor ekonomi, tangguh dan berdaulat. Ini dimulai dari peran ibu-ibu dalam menciptakan SDM yang berkualitas dan juga ketahanan pangan di rumah,” harapnya.

Terakhir ia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Luwu, Panitia penyelenggara, serta jajaran PKK Provinsi sehingga bisa terlaksana jambore PKK ini.

“Dengan adanya jambore ini, akan ada peningkatan kader atau kapasitas kader, pengetahuan, edukasi, kerjasama tim melalui lomba-lomba yang diselenggarakan,” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan jambore Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani, Pj. Bupati Takalar, Bupati Sidrap Dollah Mando, para istri Bupati dan Walikota Se Sulsel.

Acara jambore PKK Ini juga akan diisi dengan beragam lomba yang diikuti oleh kader dan pengurus PKK Sesulsel, selain itu malam puncak Sabtu malam akan diisi dengan kemeriahan artis Selfi Yamma jebolan Liga Dangdut Indonesia.

Berdasarkan iformasi yang dihimpun dari panitia, jumlah peserta jambore lebih dari 1600 orang yang terdaftar. Mereka akan menginap di pemondokan warga yang telah disiapkan yakni 83 rumah yang tersebar di kecamatan Belopa dan Belopa Utara. (irfan khaeruddin)

  • Bagikan