Usulan Bupati Budiman Terkait Penamaan Bandara Sorowako Dinilai Tepat

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, MALILI- Ketimbang menggunakan nama Bandara Udara (Bandara) Andalan Datuk Pattimang, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, disarankan memilih satu dari dua nama yang disiapkan Bupati Luwu Timur, Drs H Budiman MPd, terkait penamaan Bandara Sorowako.

Tanggapan tersebut, dikemukakan Ketua Badan Kajian Pengawasan dan Kebijakan Pembangunan Aliansi Media Jurnalis Independen Republik Indonesia (BKPKP AMJI-RI), Muhammad Rafi'i, Sabtu (2/9/2023). Rafi'i menyebut, seharusnya usulan Budiman soal penamaan Bandara Sorowako disikapi Gubernur.

"Pak Budiman sebelumnya telah menawarkan dua nama untuk Bandara Sorowako, yakni Bandara Matano atau Bandara Batara Guru. Semestinya, salah-satu dari dua nama tadi yang digunakan untuk penamaan Bandara Sorowako karena memiliki nilai kearifan lokal, serta punya historis berkaitan langsung dengan Luwu Timur," ungkap Rafi'i.

Untuk itu, Rafi'i mengharapkan Pemprov Sulsel lebih jeli dan teliti menentukan nama Bandara Sorowako, dengan memperhatikan usulan yang masuk dari Pemda Luwu Timur. "Saya kira, sudah sangat tepat nama yang diajukan Pak Bupati Budiman, kalau bukan Bandara Matano yah Bandara Batara Guru, itu yang benar," bebernya. (rls/ikh)

  • Bagikan