Maba IAIN Tiga Hari PBAK, Panitia Siapkan 19 Materi

  • Bagikan

* Citizen Reporter
Kurniawan Sulnawir
(Mahasiswa Magang IAIN Palopo)


PALOPOPOS. CO. ID, BALANDAI--
IAIN Palopo gelar Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK)
untuk menyambut para Mahasiswa Baru (Maba) di Kampus 2 IAIN Palopo, kompleks Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) pada 4 – 6 September 2023.

Ketua Panitia PBAK IAIN Palopo, Muh. Ilyas SAg MA yang penulis wawancarai di ruangannya, ruang Wakil Dekan III (WaDek III) Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Senin, 4 September 2023, menerangkan bahwa peserta PBAK tahun ini berjumlah 1.201 orang.

“Peserta PBAK tahun ini berjumlah 1.201 orang, yang dimana mereka merupakan gabungan dari
empat fakultas”, ujar Ilyas.

Ia juga menjelaskan secara rinci jumlah peserta dari setiap fakultas. Yakni Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) sebanyak 165 orang. Fakultas
Syariah (FASYA) sebanyak 194 orang. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) sebanyak 386 orang. Dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebanyak 456 orang.

Ilyas juga menyatakan bahwa para peserta PBAK akan menerima 19 materi selama pelaksanaan kegiatan.

Materi yang diberikan kepada peserta PBAK itu berasal dari dua sumber yakni internal dan eksternal.

Materi internal dibawakan pimpinan kampus (Rektor), pimpinan fakultas (dekan), lembaga kemahasiswaan lingkup institut, dan lembaga kemahasiswaan lingkup fakultas.

Sedangkan dari eksternal meliputi instansi pemerintah dan personal/individu yang berkompeten sesuai dengan tema PBAK kali ini.

Berdasarkan schedule (jadwal) yang didapatkan dari Wakil Ketua DEMA-I, Muh. Aynul Yaqin, terdapat 19 materi yang akan diterima oleh peserta PBAK.

Pada hari pertama, peserta akan menerima delapan materi, mulai dari materi yang dibawakan oleh Rektor IAIN Palopo, Dr Abbas Langaji MAg, lalu pada dosen seperti Dr Munir Yusuf MPd, D Masruddin MHum, Dr Mustaming SAg MHI CM, H Anwar Abu Bakar SAg MPd, Ilham Andi Lukman, Kardiansyah, dan Muhaidi Irsyad.

Keesokan harinya (Selasa) para peserta PBAK juga akan menerima delapan materi. Mulai dari materi yang
dibawakan oleh Kapolres Palopo, Kepala BNN Kota Palopo, para dosen seperti Abu Bakar SPd MPd, Dr Jufriyadi SS MPd, Dr Mardi Takwim MHI, Arifuddin SPdI MPd. Selanjutnya dekan beserta jajaran, dan ketua/pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

Hari terakhir (Rabu) , para peserta PBAK akan menerima tiga materi. Mulai dari materi yang dibawakan oleh
Ketua/pengurus UKK-UKM, H Rusdi Idrus SPdI dan Reski Azis SSos MPdI.

Ilyas juga berharap agar apa yang menjadi kekurangan di PBAK tahun ini menjadi evaluasi untuk PBAK tahun depan.

“Pelaksanaan PBAK ini masih memiliki banyak kekurangan, tentunya ini menjadi suatu evaluasi untuk kesempurnaan PBAK-PBAK kedepannya," tutupnya. (*/ikh)

  • Bagikan