Demi Kuliah, Maba IAIN Palopo Tempuh Perjalanan 34 Km Tiap Hari

  • Bagikan
  • Citizen Reporter
    Nur Rahmatullah Ibrahim
    (Mahasiswa Magang IAIN Palopo)

PALOPOPOS. CO. ID, BALANDAI-- Demi kuliahnya, Mahasiswa Baru (Maba) IAIN Palopo rela menempuh perjalanan 34 kilometer (km) setiap hari.

Maba tersebut Sri Wahyuni, biasa dipanggil Yuni. Beralamat di Dusun Balla, Desa Kendekan, Kec.Walenrang Timur, Kab. Luwu. Ia Maba 2023 Prodi Akuntansi Syariah jalur UM-PTKIN.

Jarak tempat tinggalnya dari kampus IAIN Palopo sejauh 17 km. Praktis, menempuh perjalanan dari rumah ke kampus 34 km pulang pergi (PP).

Hal tersebut diungkapkan Yuni kepada penulis saat sedang PBAK di waktu istirahat, Senin, 4 Agustus 2023.

Menurutnya, Yuni lebih memilih untuk pulang pergi dari rumah ke kampus di banding tinggal di kost, dikarenakan biaya tidak mencukupi setelah baru-baru ini ia membayar UKT.

Dijelaskan, cara Yuni memanajemen waktunya dengan ia bangun lebih awal. Lalu melakukan semua pekerjaan yang bisa ia lakukan sebelum ke kampus. Selama PBAK, Yuni datang ke kampus satu jam sebelum PBAK dimulai, begitupun saat kuliah nanti.

Saat ingin ke kampus, Yuni selalu bersama temannya menggunakan sepeda motor temannya. Sebelumnya orang tua Yuni menganjurkan untuk kost saja, tetapi Yuni lebih memilih untuk pulang pergi.

“kalau PP pengeluaran tidak terlalu banyak, sedangkan jika kost terlalu banyak kebutuhan yang harus dipenuhi sehingga banyak juga biaya yang digunakan,” jelas Yuni. (*/ikh)

  • Bagikan