Geger, Penampakan Buaya di Tanjung Ringgit Pascafestival Libukang

  • Bagikan

Penulis bersama Gusmawati P yang sering disapa dengan panggilan Mama Gusti (tengah), Selasa, 5 September 2023. --ft: istimewa

* Citizen Reposter
Laporan: Kurniawan Sulnawir dan Hasniar
(Mahasiswa Magang IAIN Palopo)


PALOPOPOS. CO. ID, PONTAP-- Pascakegiatan Festival Libukang yang 27 Juli 2023 lalu, masyarakat pesisir geger dengan penampakan buaya di perairan laut sekitar Pelabuhan Tanjung Ringgit, Kota Palopo.

Penulis menkonfirmasi kepada salah seorang penjual di sekitar Pelabuhan Tanjung Ringgit, Gusmawati P yang sering disapa dengan panggilan Mama Gusti, Selasa, 5 September 2023, membenarkan kabar yang viral tersebut.

Mama Gusti yang sudah dua tahun jualan di sekitar Pelabuhan Tanjung Ringgit, menceritakan kemunculan buaya tersebut sekira satu bulan lalu, tepatnya setelah pelaksanaan Festival Libukang.

“Betul, karena saya punya anak yang ada saat itu lihat. Jadi saya bilang betul, kalau memang ada yang tidak percaya, terserah mi dia,” ucapnya.

Mama Gusti juga mengatakan bahwa kemunculan buaya itu sekitar pukul 21.00 Wita, Kamis, 27 Juli lalu. “Buayanya itu muncul sekitar jam 09.00 malam, rintik-rintik dan yang pa'kapal juga bilang memang ada yang lewat,” lanjutnya menuturkan.

Bu Gusti kembali menambahkan bahwa buruh yang dulunya sering mencuci kakinya di laut, sekarang sudah takut. “Kan sering itu buruh-buruh (pelabuhan) cuci kaki di bawah dulu to, sekarang sudah takut orang turun,” katanya lagi.

Gusti juga mengatakan, buaya itu datang dari jembatan di Jalan Lingkar Timur menuju ke arah laut.

“Orang-orang itu bilang mungkin karena ada kayak orang suruhan. Ada juga yang bilang ada orang yang punya. Ada juga bilang ada kembarannya. Jadi kita ini bisa percaya bisa juga tidak,” tutup Bu Gusti.

Sementara itu, salah satu pekerja di Pelabuhan Tanjung Ringgit yang ditemui penulis juga menerangkan bahwa video yang beredar di media sosial tentang kemunculan buaya itu bukan di pelabuhan ini.

“Itu video yang viral di media sosial tentang munculnya buaya, bukan di pelabuhan ini (Tanjung Ringgit) tapi video dari Kalimantan. Tapi bahwa ada buaya muncul di sini (Tanjung Ringgit), betul juga muncul buaya di sini pelabuhan,” tutupnya. (*/ikh)

  • Bagikan