Kadis Pendidikan Pangkep, Arahkan Guru Daftar Kuliah Jalur RPL di UIM

  • Bagikan

Rombongan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM Al Gazali saat di kantor Dinas Kabupaten Pangkep bersama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep Dr. Sabrun Jamil, S.PI. M.P. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PANGKEP-- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep mengarahkan guru dan tendik yang ada di Kabupaten Pangkep yang ingin melanjutkan perkuliahan agar melanjutkan perkuliahan di Universitas Islam Makassar melalui jalur Masuk Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Hal itu disampaikan pada saat menerima rombongan Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UIM Al Gazali di kantor dinas Kabupaten Pangkep.

"Program ini cocok dengan guru dan tendik yang sudah bekerja, sehingga mereka bisa melanjutkan pendidikan dengan jalur masuk RPL, hal ini penting untuk meningkatkan kompetensi guru, dan mengakomodir kebutuhan guru dan tentik dengan lineritas pendidikan di Pangkep" ungkap Dr. Sabrun Jamil, S.PI. M.P yang didampingi Kasubag Keuangan dinas Pendidikan Syahrir, S.Pd.I., M.Pd.

Kadis menambahkan, jalur penerimaan masuk di UIM sangat bagus dan bisa mengakomodir masyarakat yang bisa melanjutkan perkuliahan, selain itu Kadis mengucapkan apresiasi kepada FKIP UIM yang telah meluangkan waktu datang di kantor Dinas Pendidikan membawa kabar gembira ini untuk mengatasi problem di Pangkep untuk melanjutkan Pendidikan di UIM.

Di waktu yang bersamaan, dekan FKIP UIM menegaskan bahwa RPL adalah jalur masuk bagi calon mahasiswa yang masuk di UIM dengan melakukan rekognisi pengalaman mengajar dengan CPL mata kuliah. Sehingga beban SKS dan waktu tempuh perkuliahan dalam perkuliahan bisa lebih singkat.

"Kalau misalnya pengalaman mengajar minimal dua tahun mengajar di SD sementara dia mau mengambil jurusan PGSD bisa saja waktu tempuh kuliahnya bisa sampai satu tahun setengah, dengan mekanisme perkuliahan yang lebih fleksibel," jelas Mulyadi, Selasa 12 September 2023.

Pada kesempatan yang sama, dekan FKIP UIM dan Dinas Pendidikan, melakukan penandatangan kerjasama. Sebelum penandatanganan ia menyampaikan bahwa sebelumnya FKIP UIM Al Gazali telah banyak mengambil bagian dalam pengembangan mutu dan kualitas pendidikan di Pangkep seperti pada tahun 2019 FKIP menfasilitasi guru Pangkep mengikuti penguatan calon kepala sekolah, mulai tahun 2020 sampai sekarang dosen FKIP UIM mendampingi program sekolah penggerak di Pangkep, dosen FKIP menvisitasi akresitasi satuan pendidikan di Pangkep dan berbagai program lainnya.

Ke depan kita akan perkuat kolaborasi untuk melakukan langkah-langkah konkrit dalam menindak lanjuti perjanjian kerjasama dalam rangka mendorong guru dan tenaga pendidik untuk melanjutkan pendidikan dan peningkatan kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan.

Kegiatan ini, dihadiri Supriadi, S.Pd., M.Pd, Wakil Dekan 1 FKIP UIM. Sadaruddin, S.Pd., M.Pd., Ketua Gugus Jaminan Mutu, dan Erwin Nurdiansyah, S.Pd., M.Pd. Ketua Prodi PGSD. (*/pp)

  • Bagikan