Hadapi Hai Phong 21 September 2023, PSM Percaya Diri

  • Bagikan
Tim PSM Makassar. --fjr--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, VIETNAM-- Laga panas akan dilakoni PSM Makassar di ajang AFC 2023/2024.

Tim Juku Eja, julukan PSM Makassar, akan memainkan laga tandang melawan Hai Phong pada matchday ke-1 Grup H Piala AFC 2023/2024 di Stadion San van dong Lach Tray, Kamis 21 September 2023. Laga ini akan dimainkan mulai pukul 20.00 malam Wita.

Pasukan Ramang bertandang ke Vietnam dengan kepercayaan diri yang sangat tinggi. Sebab, Juku Eja tidak pernah kalah pada empat laga terakhir. Termasuk saat menang 4-0 atas Yangon United pada babak play-off Piala AFC.

Saat ini, lini belakang PSM menemukan performa terbaiknya lagi. Hanya kebobolan sekali dari empat laga. Namun, PSM masih dalam ancaman tidak tampil dengan komposisi terbaik. Wiljan Pluim belum pasti bermain dan Ananda Raehan sudah pasti absen.

Kike Linares. --ig psm--

Meski begitu, ada kabar baik dari kubu tim asuhan Bernanrdo Tavarez. Pemainnya, Kike Linares, berpeluang memulai debut perdananya. Kans itu bisa saja datang saat PSM menantang Haiphong FC di Piala AFC Cup, Kamis, 21 September.

Kesempatan ini lantaran Yuran Fernandes tak ikut di bawah ke markas tim dari wakil Vietnam itu. Posisi yang ditinggalkan tentu bisa menjadi kesempatan bagi Kike.

Hal ini jelas menjadi tantangan berat Pasukan Ramang. Mereka harus menantang Haiphong FC dalam pertandingan pertama penyisihan Group H Piala AFC Cup, di Lach Tray Stadium, Haiphong.

Karena itu, ini menjadi kesempatan Kike demi membuktikan diri kepada Bernardo Tavares. Terlebih pemain berpaspor Filipina itu kerap berada di bawah bayang-bayang Yuran di jantung pertahanan.

Kike sendiri belum pernah memulai debut bersama PSM di ajang resmi khusus di Liga 1. Dia hanya pernah diturunkan dua leg sekali saat play-off internal Liga Champions Asia atas Bali United.

Bek 24 tahun itu memiliki karakter dan gaya permainan hampir sama dengan Yuran. Sebab, punya kemampuan build up dan pembacaan permainan yang bagus.

Pengamat Sepakbola, Budiardjo Thalib menilai Kike memang memiliki peluang lebih untuk tampil di AFC Cup kali ini. Kans ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Dia (Kike) diharap dapat menutup kekurangan dari tidak adanya Yuran. Dia harus menunjukkan kemampuan terbaiknya," pesannya.

Gelandang PSM, Rasyid Bakri sebenarnya berharap Pasukan Ramang bisa tampil dengan skuad penuh lawan Haiphong FC. Namun, terpenting dia ingin meminta dukungan dan doa dari suporter demi hasil positif.

"Saya harap teman-teman yang cedera bisa fit kembali dan yang belum datang bisa bergabung dengan tim. Mohon doa dan dukungannya," pintanya.

Jika tidak terpengaruh faktor non-teknis, PSM adalah tim yang sangat solid. PSM bisa menjadi tim yang sulit dikalahkan.

Bagaimana dengan Hai Phong? Sebagai tuan, rumah justru tidak dalam kondisi terbaik. Liga Vietnam sudah berakhir dan laga terakhir yang dimainkan Hai Phong terjadi pada 27 Agustus lalu. Jadi, mereka tidak dalam iklim kompetisi dan bermain reguler.

Hai Phong selalu kalah pada dua laga terakhir yang dimainkan. Namun, secara umum, bukan berarti mereka tim yang bisa dipandang sebelah mata. Yuri Mamute jadi pemain harus diwaspadai oleh para pemain PSM Makassar. (bn/fjr/pp)

Perkiraan Susunan Pemain

Hai Phong (3-4-3): Nguyen Dinh Trieu; Dang Van Toi, Bicou Bissainthe, Ben van Meurs; Nguyen Hai Huy, Luong Hoang Nam, Le Manh Dung, Nguyen Huu Son; Trieu Viet Hung, Yuri Mamute, Pham Trung Hieu.

Pelatih: Chu Dinh Nghiem.

PSM Makassar (3-5-2): Reza Arya; Erwin Gutawa, Akbar Tanjung, Safrudin Tahar; Dzaky Asraf, Muhammad Arfan, Rasyid Bakri, Kenzo Nambu, Rizky Eka; Adilson Silva, Everton Nascimento.

Pelatih: Bernardo Tavares.

Head to Head dan Performa

  • Kedua tim belum pernah bertemu pada laga kompetitif

5 laga terakhir Hai Pong
06/08/23 Hai Phong 2 - 0 Nam Dinh
10/08/23 Hong Linh Ha Tinh 0 - 0 Hai Phong
15/08/23 BC Rangers 1 - 4 Hai Phong
22/08/23 Incheon United 3 - 1 Hai Phong
27/08/23 Hai Phong 1 - 2 Binh Dinh

5 laga terakhir PSM Makassar
18/08/23 Persebaya Surabaya 1 - 0 PSM
23/08/23 PSM 4 - 0 Yangon United
28/08/23 PSM 1 - 0 Persis Solo
03/09/23 PSS Sleman 1 - 1 PSM
15/09/23 PSM 2 - 0 Barito Putera

Jadwal, Siaran Langsung, dan Link Streaming

Hai Phong vs PSM Makassar
Stadion San van dong Lach Tray
Kamis, 21 September 2023
20.00 Wita
Siaran langsung: -
Live Streaming: Vision+
Link streaming: https://www.visionplus.id/sports

  • Bagikan