Kulit Kering? Ini Cara Mengatasinya Menurut dr Ana Adryana

  • Bagikan
dr Ana Adryana. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Anda mengalami kulit kering? Memang, tidak membahayakan bagi kesehatan tapi tidak membuat orang percaya diri.

Kulit kering sering kali dianggap mengganggu penampilan seseorang. Lalu, apa ciri-ciri kulit kering? Di antaranya permukaan kulit terasa kasar, bersisik, gatal, mengelupas, serta mudah teriritasi. Sehingga, cenderung membuat kulit tampak tidak sehat. Namun, jangan khawatir, karena ada berbagai cara mengatasi kulit kering yang dapat dicoba untuk membuat kulit menjadi lebih lembut.

Menurut Dokter BPJS Kesehatan Palopo, dr Ana Adryana, Rabu, 20 September 2023, cara mengatasi kulit kering yakni dengan menggunakan lotion tiap hari. Dengan lotion ini, akan melembabkan kulit.

Waktu paling baik dalam menggunakan pelembap adalah setelah mandi. Pada waktu ini, kulit masih terasa lembap sehingga kulit akan lebih mudah menyerap kandungan dalam produk. Gunakan pelembap setidaknya dua kali sehari agar kulit tetap terhidrasi. Pelembap yang digunakan dapat berupa lotion hingga krim.

Selan itu, dr Ana Adryana yang bertugas di PKM Wara Utara Kota Palopo ini, menyarankan jangan menggunakan produk yang berparfum. Kenapa? Karena dapat meningkatkan sensitif kulit.

Selain itu, resep lainnya dari Dona, sapaan akrab dr Ana Adryana adalah meminum air putih. ''Minimal 2 liter per hari,'' katanya.

Perlu diketahui, salah satu komponen yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit adalah kolagen.

Kebutuhan kolagen yang tercukupi membuat kulit menjadi terhidrasi, padat, dan elastis. Namun, perlu diketahui bahwa protein khusus ini memerlukan air agar bisa bekerja secara optimal.

Selain itu, hampir 80% bagian dari tubuh terdiri atas air. Sehingga, berkurangnya kadar air dalam tubuh akan berpengaruh terhadap organ-organ di dalamnya, termasuk kulit. Sehingga, jika tubuh kurang asupan air, kulit akan lebih mudah kering dan bersisik.

''Karena itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak air putih. Usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh dengan minum minimal 2 liter air putih setiap harinya,'' bebernya.

dr Ana Adryana juga menyarankan mengonsumsi makanan yang baik untuk kulit.

Selain cairan, kulit juga membutuhkan beragam nutrisi, seperti vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan oleh kulit di antaranya vitamin A,C, E, dan K yang mampu meremajakan dan menjaga kolagen kulit, sehingga tampak sehat, kuat, dan padat. Vitamin tersebut dapat diperoleh dari asupan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Nutrisi lainnya yang tak kalah penting adalah lemak tak jenuh. Jenis lemak baik ini diketahui mampu memperbaiki sel kulit yang rusak. Anda bisa mendapatkan asupan lemak tak jenuh dengan mengonsumsi ikan salmon, alpukat, dan kacang-kacangan.

Sementara itu, cara alami mengatasi kulit kering pada tangan dan kaki adalah menggunakan madu. Madu terbukti memiliki efek antioksidan, antiradang, antimikroba, hingga sifat melembapkan dan menyembuhkan. Selain itu, madu juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang bisa meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk menggunakannya, oleskan madu ke bagian tubuh yang kering dan diamkan selama 5–10 menit. Lakukan cara ini secara rutin setiap hari sesaat sebelum mandi agar kulit terasa lebih lembap. (rachmy yusuf)

  • Bagikan