PSM Takluk 3-0 dari Hai Phong, Ini Penjelasan Pelatih Juku Eja Bernardo Tavares

  • Bagikan
Founder Tiran Group Andi Amran Sulaiman didampingi Dirut PT IKI Diana Rosa Tinjau Reparasi Kapal Tongkang. fajar.co.id--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, VIETNAM -- PSM Makassar tak berdaya saat melawan Hai Phong. Tim Juku Eja kalah menyesakkan 3-0 di ajang AFC Cup  di Lach Tray Stadium, Haiphong, pada Kamis (21/9/2023).

Pelatih PSM Makassar Bernardo Tavares menyebut faktor persiapan yang kurang matang membuat timnya tampil kurang baik di laga AFC Cup 2023/2024 menghadapi Hai Phong.

Sebelumnya, PSM Makassar harus mengakui keunggulan dari Hai Phong setelah menelan kekalahan telak 3-0 di laga perdana AFC Cup 2023/2024.

Adapun tiga gol kemenangan Hai Phong dicetak oleh, Gol bunuh diri (7’), Luong Hoang Nam (73’) dan Joseph Mbolimbo (86’)

Usai laga, pelatih Bernardo Tavares menyebut masa persiapan timnya jelang laga perdana AFC Cup ini kurang baik dan hal tersebut membuat pertandingan ini sulit untuk timnya.

Ia menyebut timnya di laga ini begitu kesulitan untuk bisa menciptakan satu gol pun selama pertandingan berlangsung.

“Saya mau bilang kemarin bukanlah persiapan yang terbaik,” kata Bernardo Tavares di sesi konferensi pers usai laga, Kamis (21/9/2023).

“Saya merasa itu sulit. Di kesempatan ini, kami gagal menciptakan satu gol,” tuturnya. 

Meski begitu, pelatih berusia 43 tahun ini tetap mengapresiasi penampilan anak asuhnya yang tampil luar biasa sepanjang pertandinngan. 

“Ini adalaah sepakbola, kita menang ketika mencetak gol,” sebutnya.

“Pemain kami melakukan apa yang kami sukai dan kami mempunya kesempatan untuk menunjukkan yang terbaik untuk PSM makassar,” pungkasnya.

GOL BUNUH DIRI

Pada duel ini PSM dipanikkan dari Hai Phong dengan membuka skor pada menit kedelapan.

Adalah Bek PSM, Erwin Gutawa, mencetak gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi umpan silang mendatar dari lawan.

Tim tuan rumah nyaris menggandakan keunggulan pada menit ke-21. Bola tembakan voli Hoang Nam di kotak penalti membentur tiang gawang.

Bola muntah itu kemudian disambar Bicou Bissaninthe. Reza Arya melakukan penyelamatan gemilang yang menggagalkan peluang lawan.

PSM balik mengancam pada menit ke-32. Bola tembakan jarak jauh Da Silva bisa diamankan kiper Hai Phong, D.T. Nguyen.

Peluang emas didapat PSM sembilan menit berselang. Bola tap in Everton di depan gawang bisa diblok D. T. Nguyen. Skor 1-0 untuk Hai Phong bertahan hingga turun minum.

PSM bermain menyerang di babak kedua demi bisa mengejar ketertinggalan. Alih-alih mencetak gol, Juku Eja justru kebobolan pada menit ke-72.

Hoang Nam sukses mencetak gol dari tembakan mendatar, memaksimalkan assist T.A. Nguyen. Hai Phong menjauh 2-0.

Hai Phong mendapat hadiah tendangan 12 pas pada menit ke-84. Rasyid Bakri menekel Hoang Nam di kotak terlarang.

Adalah Joseph Mpande yang maju sebagai eksekutor penalti sukses menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor 3-0 untuk Hai Phong menjadi hasil akhir pertandingan.

Susunan Pemain

Hai Phong: D. T. Nguyen; Bissainthe, V.T. Dang, Van Meurs, A San; Hoang Nam, T. D. Dam, Truong, Nguyen Trong Dai, Mpande; J. S. Nguyen.

PSM Makassar: Reza Arya Pratama; Tahar, Akbar Tanjung, Erwin Gutawa; Eka Pratama, M. Arfan, K. Nambu, Y. Sayuri, D. Asraf; Eerton, G. Da Silva. (fjr/dt/pp) 

  • Bagikan