Timnas Indonesia U-24 Wajib Permalukan Korut untuk Bisa Lolos ke Babak 16 Besar Asian Games

  • Bagikan
Pemain Timnas Indonesia U-24

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, CHANZHOU-- Hanya satu kata untuk bisa memastikan satu tiket Timnas Indonesia U-24 menuju babak 16 besar di ajang Asian Games 2023 yang berlangsung di China.

Yakni, harus memenangkan pertandingan saat menjajal Korea Utara, Minggu, 24 September 2023. Pertandingan ini akan berlangsung mulai pukul 16.00 waktu setempat atau 15.00 WIB. Pada jam yang sama akan berlangsung laga antara Kirgistan kontra Taiwan di Stadion Jinhua, Hangzhou.

Kekalahan sebelumnya ketika berhadapan dengan Chinese Taipei pada laga kedua Grup F membuat jalan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan semakin sulit.

Laga yang berlangsung di Zhejiang Normal University East Stadium, Jinhua, China, Kamis (21/9/2023) sore itu dimenangkan China Taipei dengan skor 0-1.

Gol tunggal kemenangan Chinese Taipei hadir pada awal babak kedua. Tepatnya pada menit ke-47 lewat tendangan Wu Sen Yu dari dalam kotak penalti.

Kekalahan ini membuat pecinta sepakbola Indonesia sempat terkejut. Sebab, di laga sebelumnya mereka berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Kirgistan.

Kekalahan ini membuat peluang Timnas Indonesia U-16 untuk lolos ke babak 16 besar Asian Games 2022 sebenarnya masih terbuka.

Hanya saja peluang tersebut cukup berat. 0-1 yang diderita Timnas Indonesia U-24 dari sejauh ini masih belum menggusur posisi Garuda Muda dari puncak Grup F.

Namun, kemenangan 1-0 Korea Utara atas Kirgozstan membuat ini semua semakin sulit.
Saat ini Indonesia menjadi runner up Grup F dengan tiga poin. Sejatinya poin Indonesia dan Taiwan sama, tetapi Indonesia berhak menjadi runner up sementara karena unggul selisih gol.

Adapun Korea Utara memuncaki klasemen sementara Grup F. Dalam dua laga sebelumnya Korea Utara menang 2-0 atas Taiwan dan unggul 1-0 atas Kirgistan. Korea Utara hanya butuh imbang untuk jadi juara grup.

Salah satu cara yang paling penting untuk bisa memastikan satu tiket ke babak 16 besar adalah, mereka harus menang atas Korea Utara.

Kemenangan itu akan memastikan laju Timnas Indonesia U-24 ke babak 16 besar. Entah itu dari jalur runner-up terbaik atau bertarung di perebutan tempat tiga terbaik.

Meski begitu, lawannya yang akan mereka hadapi adalah Korea Utara dan tentunya ini tidak akan mudah bagi tim berjuluk skuad Garuda Muda itu.

Masalahnya rapor Indonesia saat jumpa Korea Utara kurang baik. Indonesia dan Korea Utara sudah berjumpa satu kali dalam ajang Asian Games, yakni pada 26 September 2014.

Ketika itu Indonesia bertemu dengan Korea Utara pada babak 16 besar. Hasilnya Indonesia yang saat itu dilatih Aji Santoso takluk dengan skor 1-4. Satu gol Indonesia dicetak Fandi Eko Utomo.

Kendati demikian head to head ini tidak bisa menjadi acuan. Kini situasi dan kondisi sudah berbeda. Hal inilah yang menjadi tantangan bagi Indra Sjafri di Asian Games 2023.
(fjr/pp)

  • Bagikan