Kalah Tipis 0-1 Atas Korut, Indonesia Berada di Klasemen Peringkat 3 Terbaik, Ini Tim yang Lolos 16 Besar!

  • Bagikan

Timnas Indonesia U-24 saat bermain di Asian Games 2023

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, CHANGZHOU -- Akhirnya, Timnas Indonesia U-24 mengakhiri fase penyisihan dengan menjadi peringkat tiga dari Grup F Asian Games 2023.

Timnas Indonesia U-24 kembali menderita kekalahan di laga terakhir melawan Korea Utara, Minggu (24/9/2023) sore. Pasukan Indra Sjafri dipaksa menyerah dengan skor 0-1.

Gol tunggal kemenangan Korea Utara atas Timnas Indonesia U-24 diciptakan oleh Kim Yun-song pada menit ke-39. Egy Maulana Vikri dkk. tak mampu mengejar ketinggalan hingga laga usai.

Berkat hasil ini, Timnas Indonesia U-24 menempati peringkat tiga di klasemen akhir Grup F. Meski demikian, Rizky Ridho cs tetap berhak lolos ke babak 16 besar.

Dan, sudah dipastikan sederet tim negara sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Asian Games 2023. Tiga tim di antaranya berasal dari ASEAN, termasuk Indonesia.

Indonesia dipastikan lolos ke babak 16 besar meski kalah 0-1 dari Korea Utara pada laga terakhir Grup F. Garuda Muda berhak melaju ke fase gugur lewat jalur peringkat ketiga terbaik.

Skuad arahan Indra Sjafri memuncaki klasemen peringkat ketiga terbaik lantaran mengoleksi tiga poin. Sementara tiga tim di bawahnya, yakni Qatar, Thailand, dan Myanmar hanya mengemas satu poin.

Vietnam jadi satu-satunya wakil Asia Tenggara yang gagal lolos ke babak 16 besar. The Golden Star kalah bersaing dari Myanmar yang di laga terakhir mampu menahan imbang India 1-1.

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Uzbekistan atau Hong Kong di babak 16 besar. Uzbekistan dan Hong Kong mendapat kepastian lolos lebih awal karena berada di Grup C yang dihuni dua tim saja.

Uzbekistan dan Hong Kong hanya perlu memastikan siapa yang berhak jadi juara grup di antara mereka. Sebelumnya, Uzbekistan berhasil menang 1-0 di leg pertama.

Duel penentu juara Grup C antara Uzbekistan vs Hong Kong akan digelar di Stadion Shangcheng Sports Centre, pada Senin (25/9).

Selain itu, sejumlah tim raksasa Asia juga sudah memastikan tempat di babak 16 besar. Di antaranya adalah Jepang, China, Korea Selatan, Arab Saudi, Iran, dan Qatar.

Pelatih timnas Indra Sjafri mengaku masih perlu untuk kembali melakukan evaluasi dan memperbaiki kekurangan timnya dari tiga laga yang sudah dimainkan.

Indra Sjafri pun mengku tak mau menyalahkan keadaan karena kurangnya jumlah pemain dalam skuad.

"Saya paling nggak suka menyalahkan keadaan. Saat ini ada 20 pemain dan saya sebagai pelatih sudah berusaha menyiapkan game plan terbaik, cara bermain terbaik untuk menghadapi setiap lawan," kata Indra Sjafri di sesi konferensi pers usai laga, Minggu (24/9/2023).

Pada ajang Asian Games 2022 ini, Timnas Indonesia U-24 sendiri hanya berbekal 20 pemain yang berangkat ke China. Dimana, Ramadhan Sananta tidak mendapatkan izin dari klub sementara Beckham Putra mengalami cedera.

"Apa yang akan saya lakukan nanti setelah tahu kami bisa lanjut? Tentu saya akan berdiskusi dengan tim pelatih,” sebutnya.

Meski begitu, pelatih yang juga menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI ini mengaku masih membuka peluang untuk memangil atau paling tidak mengisi dua slot kosong pemain tersebut.

“Apakah saya akan memanggil dua slot pemain tersisa yang belum hadir? Nanti kami diskusikan," terangnya.

“Tetapi saya tidak mau mengucilkan hati pemain yang sudah berjuang di pertandingan hari ini,” pungkasnya.

Kepastian lolos ke babak 16 besar sebagai peringkat tiga terbaik, Timnas U-24 Indonesia akan menghadapi juara grup C, antara Hong Kong atau Uzbekistan.

Untuk pertandingan babak 16 besar Asian Games 2023 sendiri bakal dimulai pada 27 September dan ditutup dengan laga final pada 7 Oktober 2023. (*/fjr/pp)

Daftar 16 Tim Negara Lolos Babak 16 Besar Asian Games 2022:

  1. China
  2. India
  3. Iran
  4. Arab Saudi
  5. Uzbekistan
  6. Hong Kong
  7. Jepang
  8. Palestina
  9. Myanmar
  10. Qatar
  11. Korea Selatan
  12. Bahrain
  13. Thailad
  14. Korea Utara
  15. Kirgistan
  16. Indonesia (****)

  • Bagikan