16.600 Pekerja Rentan Dilindungi BPJamsostek

  • Bagikan
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani pada Sosialisasi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem melalui Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pekerja Rentan di Desa.

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID MASAMBA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara mencanangkan program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan dengan skema satu desa 100 pekerja rentan.


Hal itu disampaikan langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani pada Sosialisasi Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem melalui Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pekerja Rentan di Desa belum lama ini.


"Target pemerintah untuk memberikan perlindungan. Berdasarkan surat dari pusat, pekerja rentan yang dimaksud yang berada di desa/ kelurahan yang belum mendapatkan program jaminan dari APBN, APBD dan perusahaan sehingga bisa dicover di APBDes," terang Indah mengawali sambutan.


Bupati perempuan pertama di Sulsel ini menambahkan, saat ini Luwu Utara terdiri dari 167 desa/ kelurahan sehingga tercatat ada sekira 16.600 pekerja rentan yang nantinya akan dijamin sosial ketenagakerjaannya.


"Sebenarnya harapan kita semuanya tercover baik tenaga kerja rentan maupun tidak rentan itu dilindungi. Hanya saja ada mandiri dan tidak mandiri. Dan saat ini kita bahas yang tidak mandiri karena ditanggung APBDes," ucap Istri Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi ini.


Adapun pelaksanaannya, Indah menegaskan agar aparat desa melakukan sinkronisasi melalui DTKS untuk memastikan penerima jaminan sosial. Harapannya penanggulangan kemiskinan ekstrem sebagai prioritas dapat diatasi.


Kepala BPJamsostek Cabang Palopo, Makmur juga menyampaikan, BPJamsostek siap melindungi seluruh pekerja Luwu Utara yang terdaftar dan apabila terjadi resiko maka kami siap memberikan manfaat dan membayarkan santunannya.


Sementara, Kepala BPJamsostek Luwu Utara, M Saleh Afif B menuturkan, kategori penerima jaminan sosial bagi masyarakat miskin meliputi bekerja/ memiliki aktivitas (bukan orang sakit keras/ sekarat). Usia maksimal 65 tahun (saat awal daftar) serta termasuk pekerja disabilitas.


"Jelas ini adalah investasi bagi masyarakat, manfaat yang diterima sangat besar. Hal itu bisa dilihat dari Januari-Agustus yang disalurkan BPJamsostek kepada penerima sudah melebihi Rp1,7 Miliar dari premi yang terbayar baru di angka 400 jt secara keseluruhan. Dengan demikian, harapannya pekerja rentan dapat merasakan jaminan ini jika sewaktu-waktu mendapat risiko kerja," jelasnya.


Di waktu yang sama, juga dilakukan penyerahan santunan kematian kepada ahli waris guru TPA yang telah diikutkan dalam program Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan senilai Rp42 juta.(rhm)

BERANGKAT KERJA. Sejumlah pekerja proyek Stasiun MRT bersiap berangkat bekerja, ada yang jalan kaki dan bersepeda, 21 Juni 2023. Para pekerja proyek besar tentunya sudah mendapat perlindungan jaminan dari BPJamsostek. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
BERJUALAN BALON. Seorang pedagang balon berjalan sambil menjajakan dagangannya di Lapangan Pancasila, Kota Palopo, 18 Februari 2023. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
CINTA MERAH PUTIH. Aktivitas jual beli di Pusat Niaga Palopo (PNP) yang penuh dengan nuansa merah putih dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-78 RI, 17 Agustus 2023. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
SEMARAK KEMERDEKAAN. Pedagang ayam potong di Pusat Niaga Palopo (PNP) memotong ayam menjadi bagian kecil sambil mengenakan dan pernak-ernik merah putih memeriahkan HUT Kemerdekaan ke-78 RI, 17 Agustus 2023. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
KERJA SAMA. Sejumlah petugas kebersihan Suku Dinas Kebersihan Pemkot DKI Jakarta bekerja sama membersihkan trotoar di Bunderan HI, 20 Juni 2023, dalam rangka persiapan penilaian dan menyambut HUT Kota Jakarta ke-496. IDRIS PRASETIAWAN/PALOPO POS
  • Bagikan