Meraih Akreditasi Unggul Prodi IAN Fisip Unismuh Bertekad Miliki Daya Saing Internasional Mengkaji Etics and Digital Governance

  • Bagikan

Ketua Prodi IAN Fisip Unismuh Makassar, Dr Nurwahid S.Sos, M.Si saatvsosialisasi dan pemahaman visi, misi, tujuan dan sasaran prodi IAN Fisip Unismuh Makassar di Beba Galesong Takalar, 26 September 2023. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Prodi Ilmu Administrasi Negara (IAN) Fisip Unismuh Makassar sejak 12 September 2023 meraih sertifikat Akreditasi Unggul dari BAN-PT.

Perolehan status demikian sehingga kembali dirumuskan ulang visi dan misi program studi IAN.

Visi baru yang mengalami revisi yakni bertekan akan menjadi prodi ilmu administrasi negara yang berdaya saing internasional dalam kajian etics and digital governance.

Sosialisasi dan pemahaman visi, misi, tujuan dan sasaran prodi IAN Fisip Unismuh Makassar telah dilaksanakan di Villa Saung Beba Galesong Utara Takalar, Selasa 26 September 2023.

Demikian ditegaskan Ketua Prodi IAN Fisip Unismuh Makassar, Dr Nurwahid S.Sos, M.Si kepada media di Beba Galesong Takalar, 26 September 2023.

Dijelaskan, mencapai visi tersebut maka beberapa misi yang akan dilaksanakan yakni; memajukan proses pendidikan IAN yang mengedepankan kajian ethics and digital governance.

Misi yang lain adalah meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengkajian IAN dengan memprioritaskan isu-isu ethics and digital governance, katanya.

Misi ketiga adalah mengembangkan pengabdian masyarakat sesuai dengan terapan ilmu administrasi negara yang berbasis ethics and digital governance.

Adapun tujuan dari prodi IAN Unismuh Makassar adalah melaksanakan proses pembelajaran dan pengajaran yang berwawasan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan serta tata kelola digital sektor public, ungkapnya.

Menghasilkan lulusan yang memiliki akhlakul karimah dan kecakapan pemanfaatan informasi dan teknologi dalam urusan urusan public.

Melakukan penelitian dala persoalan manajemen dan kebijakan publik serta administrasi kepegawaian dengan prioritas pengkajian etika administrasi publik dan governance digital secara khusus, tandasnya.

Menerbitkan artikel ilmiah dengan reputasi nasional dan internasional secara berkala sesuai tema unggulan dan prioritas.

Memberdayakan masyarakat dan organisasi sektor publik yang berintegritas dan berwawasan modern.

Melembagakan nilai nilai moralitas dalam modernitas pada birokrasi dan governance publik, tegasnya.

Sasaran/strategi terbaru IAN Unismuh Makassar yakni penerapan kurikulum sesuai dengan visi keilmuan, kebutuhan dunia kerja dan aturan yang berlaku.

Pengayaan kapasitas dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa dan alumni melalui pendidikan formal dan non formal, tandasnya.

Perluasan jejaring kerjasama pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Penguatan sistem penjaminan mutu pada aspek masukan, proses dan luaran, tambahnya.

Pengadaan sarana dan prasarana yang menunjang urusan akademik dan non akademik. Pengorganisasian unit unit kerja yang inovatif, koperatif dan akuntabel.

Profil lulusan IAN ini adalah menjadi administrator publik, analis kepegawaian, analis kebijakan, pengelola kegiatan.

Prodi ini juga telah jadi penerima sertifikat International Organization Standarization (ISO) 21001-2018 pada 30 Agustus 2023.

Sosialisasi dan pemahaman visi, misi, tujuan dan sasaran prodi IAN dirangkaikan syukuran perolehan akreditasi unggul, rapat evaluasi dan persiapan pembelajaran semester ganjil tahun akademik 2023-2024 serta pengajian bulanan Fisip dibawakan dosen Fisip Unismuh Makassar, Dr Lukman, M.Si

Pada sosialisasi ini turut hadir, Dekan Fisip Unismuh Makassar, Dr Ihyani Malik, S.Sos, M.Si; Wakil Dekan I, Dr Andi Luhur Prianto S.IP, M.Si, Plt WD II, Nur Khaerah, S.IP, M.IP, Plt WD III, Dr Nurwahid, S.Sos, M.Si; WD IV, Dr Muh Amin Umar, S.Ag. M.Pd.I.

Ketua Gugus Kendali Mutu Fisip, Dr Abdi, M.Pd[ Ketua Prodi S2 Magister Administtrasi Publik PPs-Unhas, Dr Dr Hj. Fatmawati A. Mappasere, M Si, Ketua dan Sekretaris Prodi serta para dosen dan tenaga kependidikan.

Saat ini kekuatan sumber daya dosen prodi IAN berjumlah 25 terdaftar di PDPT, ada 2 dosen dengan status Guru Besar, 19 dosen dengan pendidikan doktor, serta tiga orang lanjut S3, masing masing di Universitas yang ada di Palermo Italia, Universitas Brawijaya dan UNM.(***/pp)

  • Bagikan