Jumlah Maba UMB Palopo Tahun 2023 Sebanyak 2.396 Orang, Kepala LLDIKTI IX: Salah Satu Kampus Terbaik di Wilayah Sultanbatara

  • Bagikan

Rektor UMB Palopo, Dr. Hj. Nilawati Uly, S.Si, Apt, M.Kes saat mengukuhkan salah seorang wisudawan. --hms umb--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO-- Rektor Universitas Mega Buana Palopo, Dr Hj Nilawati Uly,S.Si mengungkap perkembangan perguruan tinggi yang dipimpinnya tahun 2023 ini mengalami sejumlah peningkatan yang terbilang signifikan. Baik dari segi prestasi akademik maupun sejumlah pencapaian hingga berimplikasi pada peningkatan 100 persen jumlah penerimaan mahasiswa baru. Jumlah yang dterima tahun ini sebanyak 2396, meningkat drastis dari PMB tahun lalu yang hanya sebanyak 1.232.

"Untuk PMB ini sampai dengan tanggal 29 September 2023, jumlah mahasiswa baru yang diterima UMB Palopo tahun ini terupdate sebanyak 2.396. Kami ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah memilih UMB Palopo sebagai tempat melanjutkan pendidikan tinggi, dan terima kasih kepada seluruh civitas akademika, pemerintah dan seluruh pihak terkait," ucapnya saat sambutan pada kegiatan wisuda program Sarjana, Profesi dan Magister periode kedua, angkatan XIV tahun 2023 di Saodenrae Convention Centre, Sabtu 30 September 2023.

Sebelumnya, per tanggal 6 September 2023, update jumlah mahasiswa baru UMB palopo mencapai 1.827 orang, hingga pendaftaran ditutup menjadi 2.396.

Peningkatan ini, tidak lepas dari komitmen UMB Palopo dalam upaya dalam memberikan layanan pendidikan yang bermutu kepada masyarakat, fasilitas lengkap, biaya kuliah yang lebih murah serta sejumlah prestasi yang ditorehkan baik dosen maupun mahasiswa, "alhamdulillah semakin meningkat peminat di Program Studi yang ada di UMB Palopo,"ucapnya. Utamanya di Fakultas Kesehatan Program Studi Kebidanan yang peminatnya tidak hanya dari dalam wilayah Luwu Raya dan Kota Palopo saja, melainkan dari daerah lain di Sulsel, Sulbar, Sultra, Sulut, Gorontalo, Kalimantan dan Papua. Bahkan, ungkap Rektor, khusus untuk Prodi S1 Kebidanan dan Profesi Bidan ini penerimaannya dibatasi "kita tutup lebih cepat pendaftarannya yang telah melampaui angka seribu, mengingat rasio yang ada dimana kita harus tetap taat pada aturan, dan insya allah penerimaan tahun depan kita buka lagi," ungkapnya.

Komitmen UMB Palopo dalam pengembangan perguruan tinggi dan pencapaian mutu yang baik terus dilakukan. Salah satunya yakni penyiapan fasilitas CBT Centre bagi mahasiswa untuk mendapat bimbingan UKOM secara gratis sehingga tak perlu lagi jauh jauh. Biaya kuliah yang lebih rendah, prestasi dosen, mahasiswa serta sejumlah pengembangan yang dilakukan seperti program MBKM Mandiri yang digagas sendiri oleh UMB Palopo.

"Jadi selain keikutsertaan mahasiswa dan dosen dalam program MBKM pemerintah, kita juga punya MBKM yang diprogram secara mandiri,"ungkap Rektor.

Untuk program beasiswa, kata Rektor dalam laporan akademik tersebut, tahun 2023 disalurkan kepada 246 mahasiswa yakni beasiswa KIP Kuliah sebanyak 140 mahasiwa, Beasiswa Pemda Lutim sebanyak 15 orang dan Beasiswa dari Yayasan Pendidikan Mega Buana Palopo sebanyak 91 orang. Selain itu program beasiswa untuk melanjutkan studi juga diberikan kepada sejumlah dosen dan SDM. Seperti tahun ini memberikan beasiswa kepada untuk lanjut program doktor kepada 6 orang pengelola.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo, Asnita Darwis, S.STP yang hadir membacakan sambutan tertulis Pj Walikota Palopo, menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UMB Palopo atas prestasi dan kiprah UMB Palopo yang berperan dalam mewujudkan Kota Palopo sebagai tujuan pendidikan. Ia menyampaikan Pemerintah akan selalu mendukung perguruan tinggi dan terus membangun kolaborasi dalam memajukan daerah, seperti melaui program MBKM dimana sejumlah mahasiswa UMB palopo terlibat dalam kampus mengajar di sejumlah sekolah yang ada di Kota Palopo ini.

Sementara itu, LLDIKTI menyampaikan terima kasih serta turut berbangga atas kiprah UMB Palopo yang perkembangannya sangat pesat. "UMB Palopo ini memang salah satu PT terbaik di LLDIKTI WIlayah IX, ini bukan pujian sematam namun prestasi yang dotorehkan itulah buktinya. Kami di LLDIKTI senantiasa memberikan peringkat untuk memacu PT agar lebih maju lagi, harapan kami adalah mari kita tingkatkan kualitas diri, SDM, dan sebaginya, di UMB Palopo sendiri sangat terlihat kemajuannya,"ucap Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, Dr Andi Lukman, M.Si.

Karena itu ia secara pribadi dan kelembagaan memyampaikan terima kasih, "ini adalah penghargaan dan apresiasi yang tinggi dari LLDITKTI, tentu LLDIKTI sebagai fasilitator dalam rangka menjamin mutu terhadap PT, ya sedikit berhasillah melakukan pembinaan di UMB ini karena sudah mendapatkan peringkat yanng sangat baik dari pemerintah,"ucap Dr Andi Lukman disambut aplaus.

Diketahui tahun 2023 ini UMB Palopo meluluskan 772 alumni. Ini adalah wisuda periode kedua, dimana pada periode pertama yang digelar bulan Agustus lalu diwisuda sebanayak 629 lulusan dan untuk periode kedua ini diwisuda sebanyak 143 orang. Dengan demikian jumlah alumni secara total sebanyak 4462. Para wisudawan ini juga terdiri dari sejumlah mahasiswa dari berbagai daerah di Sulawesi dan papua.

Dalam prosesi wisuda ini hadiri sejumlah pimpinan perguruan tinggi diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo,Irsan Anugrah, S.KM., MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palopo Asnita Darwis, S.STP, unsur Forkopimda, pimpinan perguruan tinggi yang hadir diantaranya diantaranya Rektor Universitas Muhammadiyah Palopo, Prof Dr Drs Suhardi M Anwar MM, Ketua Stisipol Palopo, Drs Abdul Salam Thamrin, Direktur ATI Dewantara, Dr Suaedi, perwakilan perguruan tinggi se-Kota Palopo diantaranya IKB-KJP, Stikes Bhakti Pertiwi Luwu Raya, dan sejumlah mitra UMB Palopo.(*/uce)

  • Bagikan