Kemarau Panjang! 10 Kota di Indonesia Dilanda Suhu Panas Ekstrem pada Oktober 2023, Berikut Daerahnya…

  • Bagikan
Ilustrasi suhu tinggi yang ditunjukkan dari termometer akibat cuaca panas-abc7 new york-abc7ny.com

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Musim kemarau melanda Indonesia. Yah, sebagian wilayah di Indonesia merasakan suhu panas yang begitu menyengat.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), beberapa kota di Indonesia mengalami suhu terpanas dibandingkan daerah lain.

BMKG merilis daftar kota dan kabupaten di Indonesia dengan suhu terpanas di Indonesia melalui akun Instagram pada Senin 2 Oktober 2023. Bisa mencapai 36 derjat celcius!

Berikut 10 kota atau kabupaten terpanas di Indonesia menurut BMKG:

  1. Kota Semarang, Jawa Tengah

Menurut Stasiun Klimatologi Jawa Tengah, suhu tertinggi di Semarang, Jawa Tengah, mencapai 36,6 derajat celsius.

  1. Kota Palembang, Sumatera Selatan

Suhu tertinggi di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menyentuh 36,4 derajat celsius menurut pemantauan Stasiun Klimatologi Sumatera Selatan.

  1. Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

Stasiun Meteorologi Kertajati melaporkan, suhu tertinggi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, adalah 36,3 derajat celsius.

  1. Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung

Laporan dari Stasiun Meteorologi H As Hanandjoeddin mencatat, suhu terpanas di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, adalah 36,1 derajat celsius.

  1. Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin menyebutkan, suhu terpanas di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, adalah 35,7 derajat celsius.

  1. Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara

Menurut Stasiun Meteorologi Sultan Muhammad Kaharuddin, suhu tertinggi di Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, adalah 35,6 derajat celsius.

  1. Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Suhu tertinggi di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menurut Stasiun Klimatologi Kalimantan Selatan mencapai 35,6 derajat celsius.

  1. Kota Palu, Sulawesi Tengah

Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al-Jufri melaporkan, suhu tertinggi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, tercatat 35,6 derajat celsius.

  1. Surabaya, Jawa Timur

Laporan dari Stasiun Meteorologi Tanjung Perak menyebutkan, suhu terpanas di Surabaya, Jawa Timur, adalah 35,5 derajat celsius.

  1. Kota Tangerang Selatan, Banten

Balai Besar Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika Wilayah II melaporkan, suhu terpanas di Kota Tangerang Selatan, Banten, adalah 35,2 derajat celsius. (disway/pp)

  • Bagikan