Tim Dosen UNCP Bersama Petani Kembangkan Produk Unggulan Rongkong Berbahan Dasar Kopi Penguatan Teknologi Tepat Guna

  • Bagikan

PALOPOPOS. CO. ID, LUTRA-- Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Cokroaminoto Palopo kembali mengakses Desa Limbong Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam hal pengembangan produk unggulan Rongkong berbahahan dasar kopi.

Tim PKM yang diketuai oleh Dr. Paldy, M.Pd, dengan anggota M. Rusli. B, S.Pd., M.Pd dan Iin Dwi Aristy Putri, S.K.M., M.Kes. serta melibatkan beberapa mahasiswa dari UNCP melakukan pendampingan pengembangan produk melalui penguatan teknologi tepat guna, 11-15 Agustus 2023.

Dr. Paldy, M. Pd. mengungkapkan Inovasi teknologi tepat guna dapat membantu masyarakat di desa untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pertanian, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya.

"Pengabdian ini sejalan dengan Teknologi berbasis desa meliputi pengembangan aplikasi, sistem informasi, dan teknologi lainnya yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya pertanian" tuturnya.

Paldy juga menambahkan dengan inovasi teknologi tepat guna, di harapkan masyarakat desa dapat memanfaatkan teknologi dengan lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Adapun mitra pada kegiatan ini adalah petani kopi di desa Limbong. Kepala desa Limbong (Tandi Sule) dan BPP Limbong (Nasrun, S.P) sangat antusias menyambut kedatangan tim PKM dari UNCP.

“Kami selaku pemerintah desa Limbong sangat senang dan bangga kedatangan tim Dosen dari UNCP untuk memberikan pengetahuan bagaimana mengembangkan kopi sehingga dapat menjadi olahan kopi yang bernilai profit” Ujar Kepala Desa Limbong.

Salah satu cara untuk mencapai kemajuan desa yaitu melalui inovasi teknologi tepat guna yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Pembangunan desa yang berkesinambungan menjadi salah satu prioritas dalam pembangunan nasional.

BPP Limbong juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan ini, maka masyarakat petani kopi mendapatkan ilmu tentang bagaimana memasarkan olahan kopi melalui platform digital yang tentunya belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

Selain itu, perlu di lakukan kerjasama antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat dalam mengembangkan inovasi teknologi tepat guna agar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat desa.

Tujuan PKM Kopi Rongkong yaitu bagaimana mengembangkan produk unggulan Kopi Rongkong bernilai profit, peningkatan omset petani, peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam memanfaatkan teknologi tepat guna dalam proses produksi, pengemasan, dan pemasaran.

Salah satu produk yang dihasilkan dalam pengembangan olahan kopi Rongkong ini adalah kopi instan yang siap minum dengan brand Kopi Tana Masakke, selain itu kopi bubuk dan kopi biji (bean) dikemas dengan higienis dan menarik sehingga dapat dipasarkan secara luas melalui platform digital yaitu Shopee dan Instagram.

Adapun luaran wajib kegiatan PKM ini berupa artikel ilmiah yang dipublikasi melalui jurnal nasional terakreditasi sinta 5, publikasi melalui Media Massa Palopo Pos, dan video kegiatan yang diunggah di website UNCP official, serta luaran tambahan berupa hak cipta artikel. (ikh)

  • Bagikan