Bibit Cabai Disiapkan di Kantor Balai Penyuluh

  • Bagikan
FEBRYANTO, SP Penyuluh Pertanian BPP Kec. Sendana

Varietas Mahameru, Tahan Penyakit dan Buah Besar

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, PALOPO -- Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan memastikan ketersediaan bibit cabai dalam rangka menjamin ketersediaan pangan di Kota Palopo. Hal ini didasarkan dari program nasional terkait ketersediaan pangan dalam menghadapi cuaca ekatrem.

Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan, Kota Palopo, Ibnu Hasyim mengatakan pihaknya menyediakan kurang lebih 75 ribu bibit cabai untuk disalurkan, baik kepada ASN maupun masyarakat umum.
"Untuk penyalurannya disiapkan pengambilannya di kantor Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang ada di masing-masing Kecamatan dan secara bertahap sesuai kesiapan hasil pesemaian bibit yg sdh dilaksanakan oleh masing-masing BPP," katanya.

Menurutnya, tiap orang diberikan 10 bibit cabai. Saat ini, bibit cabai tersebut dalam persemaian yang membutuhkan waktu kurang lebih 14 hari dengan jenis varietas Mahameru yang tahan penyakit dan buah lebat. "Setelah melalui proses persemaian, maka sudah bisa disalurkan yang disediakan di kantor BPP tiap Kecamatan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan (Dispertanakbun), melalui Natsir Mandawari selaku Kabid Tanaman Pangan Holtikultural (TPH), mengatakan bibit yang akan dibagikan ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Palopo dan masyarakat itu, masih sementara proses penyemaian di Balai Penyuluh Pertanian (BPP) yang berada di 9 kecamatan yang di Kota Palopo.

"Pekan lalu, BPP di 9 kecamatan ini telah melakukan tugas masing-masing dengan sekali menyemai itu, ada lima ribu bibit cabai telah disemai. Nah, pekan depannya bibit itu sudah berusia dua minggu dan sudah siap dibagikan ke OPD juga masyarakat melalui BPP masing-masing kecamatan. Agar cepat mendapatkan bibit di kloter pertama nanti, saran saya segerah mendatafkan diri di BPP kecamatan. Agar cepat menanam dan tentu juga cepat menuai hasil," kata Natsir.

Tak perlu khawatir jika di kolter pertama tidak kebagian bibit cabai, lanjut Natsir, karena dari target penanaman 75 bibit cabai di Kota Palopo ini, akan disalurkan secara bertahap.

"Yang tidak kebagiaan kloter pertama, tidak perlu khawatir. Karena pekan berikutnya masih akan ada bibit yang menyusul. Penyaluran bibit cabai ini akan berlangsung hingga Desember mendatang hingga mencapai target 75 ribu bibit cabai, seperti yang telah disampaikan bapak PJ Walikota Palopo pada kegiatan launching gerakan tanam 75 ribu pohon cabai di rumah jabatan, sakotae,"katanya.

Selain OPD dan masyarakat yang bisa memperoleh bibit cabai secara gratis dan ditanam di pekarangan masing-masing tersebut, masih kata Natsir, bibit cabai ini juga nantinya akan disalurkan ke rumah tempat ibadah. (rul/idr)

  • Bagikan