Ini Skuad Menyeramkan Timnas Indonesia Saat Tantang Brunei Darussalam Nanti Malam

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, BRUNEI-- Timnas Indonesia kembali akan menjalani pertandingan dalam kualifikasi Piala Dunia. Asnawin Mangkualam cs, akan menghadapi Brunei Darussalam
 dalam leg kedua babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Sri Begawan, Selasa, 17 Oktober 2023 nanti malam dengan waktu kickoff pada pukul 20.00 Wita.

Pada partai ini, Brunei tentu akan tampil all out menghadapi Timnas Indonesia, apalagi bermain di depan suporternya.

Yah, tentu perlawanan sengit bakal terjadi, meski pada partai sebelumnya berhasil dicukur Ramadhan Sananta cs.

"Brunei menunjukkan upaya yang hebat pada laga pertamanya di SUGBK, Indonesia. Namun, sejujurnya dalam kenyataannya kami punya tim yang lebih baik dari Brunei," ujar pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong.

"Saya berharap Brunei dapat menunjukkan upaya yang lebih baik lagi di laga kedua dengan begitu, kami juga akan menyesuaikan permainan mereka dengan bermain lebih baik lagi dan bekerja lebih keras lagi," katanya.

Pada pertandingan leg pertama di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (12/10) lalu, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 6-0 berkat gol Dimas Drajad (3), Rizky Ridho dan Ramadhan Sananta (2).

Jika berhasil melewati hadangan Brunei Darussalam nanti malam, Indonesia akan lolos ke ronde dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dan tergabung di Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina.

PERUBAHAN SKUAD 

Timnas Indonesia diprediksi bakal melakukan sejumlah perubahan saat menghadapi Brunei Darussalam dalam leg kedua babak pertama Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Hassanal Bolkiah National Stadium, Bandar Sri Begawan, Selasa (17/10/2023).

Salah satu perubahan yang dipastikan ada di sektor pertahanan.

Di atas kertas, Brunei Darussalam bukan lawan sepadan Timnas Indonesia. Oleh karena itu, rotasi sepertinya bakal jadi pilihan Shin Tae-yong.

Pemain yang tidak bermain atau menit tampilnya sedikit pada leg pertama mungkin akan diberikan kesempatan.

Salah satu pemain yang hampir dipastikan bakal bermain adalah Fachruddin Aryanto. Sebab, bek asal Madura United itu menjadi perwakilan pemain Timnas Indonesia yang hadir saat sesi jumpa pers jelang laga, Senin, 16 Oktober 2023.

Selain Fachruddin Aryanto, kiper Ernando Ari juga sepertinya akan diberikan kesempatan untuk unjuk gigi. Berikut prediksi starting XI Timnas Indonesia pada leg kedua.

Kiper

Pada leg pertama, Shin Tae-yong menurunkan Nadeo Argawinata di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Nah untuk laga kedua, kemungkinan kiper asal Borneo itu bakal diganti.

Shin Tae-yong sepertinya bakal memberikan kesempatan kepada pemain lain. Selain Nadeo Argawinata, di skuad Timnas Indonesia saat ini bercokol Ernando Ari Sutaryadi dan Syahrul Trisna Fadhillah.

Kedua kiper itu punya kans yang sama kuat.

Untuk kali ini formasi tiga bek sepertinya akan dipilih Shin Tae-yong. Sebab, Fachruddin Aryanto hampir dipastikan bakal bermain.

Dua pemain yang akan mendampingi Fachruddin Aryanto tentu saja Rizky Ridho dan Elkan Baggott. Keduanya tampil solid pada leg pertama.

Bagaimana dengan Wahyu Prasetyo? Pemain yang dijuluki Hulk itu mungkin akan diberikan kesempatan bermain sebagai pengganti.

Tengah

Gelandang muda asal Arema FC, Arkhan Fikri layak diberikan kesempatan bermain. Ia bisa diduetkan dengan Marc Klok yang tak tergantikan di lini tengah.

Untuk gelandang serang, Ricky Kambuaya atau Egy Maulana Vikri bisa jadi pilihan. Ketiga gelandang bakal disupport dua wingback, dalam hal ini Asnawi Mangkualam Bahar salah satunya.

Di wingback kiri, Shin Tae-yong rasanya harus memberikan kesempatan pada Shayne Pattynama. Sebab, penampilan Pratama Arhan pada leg pertama tidak istimewa.

Ramadhan Sananta Berambisi Diturunkan Shin Tae-yong Pada Leg 2 Timnas Indonesia vs Brunei Darussalam

Depan

Shin Tae-yong punya banyak pilihan untuk sektor depan. Menduetkan kembali Dimas Drajad dan Hokky Caraka seperti pada leg pertama mungkin kembali dilakukan.

Namun, Shin Tae-yong juga bisa mencoba duet Ramadhan Sananta dengan Hokky Caraka. Opsi berikutnya adalah memasang Dimas Drajad dan Ramadhan Sananta sebagai penyerang kembar.

Dimas Drajat dan Ramadhan Sananta jadi aktor penting di balik kemenangan telak Timnas Indonesia pada pertemuan pertama dengan hattrick dan brace yang dilesakkan mereka. Selain itu, masih ada Dendy Sulistyawan dan Rafael Struick yang sepertinya akan dijadikan super-sub. (*/net/pp)

Timnas Indonesia (3-5-2): Ernando Ari; Fachruddin, Rizky Ridho, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Arkhan Fikri, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Shayne Pattynama; Dimas Drajad, Ramadhan Sananta.

Pelatih: Shin Tae-yong. (***)

  • Bagikan