Tim PKM PKK UNM Latih Ibu Rumah Tangga Membuat Motif pada Jilbab dengan Teknik Ecoprint

  • Bagikan

Ibu-ibu Rumah Tangga Desa Bonde Utara Dalam Pembuatan Motif Pada Jilbab Dengan Teknik Ecoprint. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAJENE-- Tim PKM PKK UNM melakukan Program Kemitraan Masyarakat melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UNM yang dilaksanakan  di Desa Bonde Utara, Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, pada Minggu 4 Juni 2023.

Program ini mengangkat judul PKM Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga dalam Pembuatan Motif Pada Jilbab Dengan Teknik Ecoprint.

Kegiatan pengabdian dilakukan di Kantor Desa Bonde Utara yang diawali dengan Pembukaan Kegiatan PKM Terpadu oleh Ketua LP2M UNM Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani A. Rauf, MT, IPU.

Ia  mengatakan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan salah satu bentuk nyata dari Tri Darma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen dengan penuh semangat, inovasi, dan kreatif serta banyak memberi manfaat untuk masyarakat.

Tim pelaksana kegiatan PKM ini terdiri dari Dosen dan  mahasiswa PKK FT UNM. Rosmiaty selaku Ketua Tim dan A. Nur Maida sebagai anggota tim pengabdi menjelaskan bahwa kegiatan yang dilakukan berupa pelatihan dan pendampingan terkait bagaimana membuat motif pada jilbab dengan motif ecoprint.

Adapun yang menjadi luaran PKM ini, ibu-ibu rumah tangga di Desa Bonde Utara mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat motif pada jilbab dengan teknik ecoprint yang menarik dan memiliki nilai ekonomis.

Tim pengabdi menuturkan bahwa pembuatan motif pada jilbab dengan teknik ecoprint merupakan sesuatu hal yang mudah apalagi bahan dan alat yang digunakan sederhana dan mudah didapatkan.

Yang terpenting adalah komitmen dan semangat untuk memanfaatkan waktu luang dengan selalu berlatih dan kreatif untuk mendapatkan motif dan warna yang bagus. (*/pp)


  • Bagikan