Menang Dramatis Atas Fajar/Rian, Fikri/Bagas Tembus Final Tantang Pasangan Asal Malaysia, China Loloskan 5 Wakil dengan 1 Gelar di Tangan

  • Bagikan

Pasangan ganda putra Indonesia, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (jersey hitam) dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto seusai semifinal Denmark Open 2023 di di Jsyke Bank Arena, Odense, Denmark, Sabtu (21/10/2023). (PP PBSI)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, DENMARK--
Akhirnya, pasangan ganda putra, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana berhasil melaju ke final turnamen BWF World Tour Super 750 usai mengalahkan saudaranya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melalui rubber game.

Bagas/Fikri pun akan menantang ganda putra Malaysia pada babak final, Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), Minggu, 22 Oktober 2023.

Di Denmark Open sendiri, tercatat sebanyak 10 partai pada semifinal telah selesai digelar di Jsyke Bank Arena, Odense, Denmark, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Tercatat, Bagi Fikri/Bagas, ini merupakan final ketiga mereka tahun ini setelah Orleans Masters 2023 dan Thailand Open 2023.

Namun, pasangan berakronim BaKri ini harus puas menjadi runner-up. Terakhir kali Fikri/Bagas meraih gelar pada All England Open 2022 yang juga menjadi titel perdana mereka sebagai partner.

"Kuncinya tetap ada pada komunikasi kami. Kami saling percaya, saling support, yakin dengan kemampuan kami," kata Fikri dalam siaran resmi PBSI.

"Setelah kalah pada babak pertama Arctic Open 2023, kami latihan saja seperti biasa, tetapi memang ada semangat yang ditambah untuk turnamen kali ini," aku Fikri.

Lawan Bagas/Fikri, Chia/Soh menembus partai puncak setelah mempermalukan wakil tuan rumah, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, melalui pertarungan sengit.

"Lawan Aaron/Soh atau Kim/Anders sama saja buat kami. Tidak ada yang lebih mudah jadi semoga kami bisa menampilkan yang maksimal seperti yang kami lakukan dari babak pertama sampai hari ini," ucap Fikri.

Selain Chia/Soh, Malaysia meloloskan Lee Zii Jia (tunggal putra) yang pekan sebelumnya menjuarai Arctic Open 2023 di Finlandia.

Sementara itu, China meloloskan wakil paling banyak ke final.

Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong masih menunjukkan tajinya sebagai ganda campuran nomor satu dunia seusai menundukkan Juara Dunia 2023, Seo Seung-jae/Chae Yu-jung.

Hasil ini membuat Negeri Ginseng tak memiliki wakil pada final.

China sudah dipastikan mengunci gelar ganda campuran setelah Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping menyusul Zheng/Huang ke babak final setelah menyingkirkan Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark).

Dari nomor ganda putri, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan belum terbendung. Ganda putri nomor satu dunia ini menaklukkan Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (Jepang) sebelum melangkah ke final.

Adapun tunggal putri peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Chen Yu Fei (China) memenangi derbi atas Han Yue.

Pada babak final Chen akan menjumpai peraih medali emas Olimpiade Rio 2016, Carolina Marin (Spanyol) yang membungkam Pusarla Venkata Sindhu (India) pada semifinal.

Marin menjadi satu-satunya wakil Eropa yang tersisa pada laga puncak.

China juga meloloskan wakil tunggal putra ke babak final melalui Weng Hong Yang.

Weng yang dianggap sebagai titisan Lin Dan itu melaju ke final setelah mengalahkan seniornya, Shi Yu Qi, dalam dua gim langsung.

Berikut Rekap Semifinal Denmark Open 2023.

WD - Nami Matsuyama/Chiharu Shida (Jepang) vs Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang), 12-21, 21-13, 21-14

XD - Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) vs Seo Seung-jae/Chae Yu-jung (Korea Selatan), 21-16, 21-16

WD - Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Rin Iwanaga/Kie Nakanishi (Jepang), 21-10, 21-18

WS - Carolina Marin (Spanyol) vs Pusarla Venkata Sindhu (India), 21-18, 19-21, 21-7

XD - Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) vs Mathias Christiansen/Alexandra Boje (Denmark), 21-13, 21-19

WS - Han Yue (China) vs Chen Yu Fei (China), 18-21, 12-21

MD - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia) vs Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (Indonesia), 11-21, 21-16, 12-21

MS - Shi Yu Qi (China) vs Weng Hong Yang (China), 19-21, 14-21

MD - Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) vs Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), 21-16, 15-21, 15-21

MS - Lee Zii Jia (Malaysia) vs Lee Cheuk Yiu (Hong Kong), 21-15, 21-17. (*/net/pp)

  • Bagikan