PSM Vs Hougang United: Laga Harga Diri, Wajib Menang!

  • Bagikan
Prediksi Line Up PSM vs Hougang

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Misi tiga poin diusung PSM saat menjamu Hougang United di laga ketiga Piala AFC Cup 2023/2024. Yah, tentunya itu wajib dilakukan untuk bisa menjaga kans bersaing lebih lama di pantas Asia.

Sebab, mereka satu-satunya tim yang belum meraih satu pun poin di Grup H imbas dua kekalahan sebelumnya. Ini merupakan pertarungan harga diri!

Duel PSM atas Hougang malam ini pun patut dimaksimalkan. Tim tidak boleh kembali terjegal saat bertindak sebagai tuan rumah meski bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu, 25 Oktober.

Adilson Silva CS memang belum memiliki satu pun poin bahkan satu gol di AFC Cup. Namun kemenangan PSM malam ini bisa membuat persaingan Grup H kian menantang. Apalagi FC Juarez -julukan Hougang- saat ini mengoleksi tiga poin dan berada di posisi kedua klasemen grup.

PSM bisa menggeser posisi itu jika menang dengan catatan Hai Phong kalah dari Sabah FC di laga yang sama.

Sebaliknya, jika Pasukan Ramang kembali kalah maka peluang ke fase selanjutnya makin sulit. Setidaknya PSM memang harus mengamankan posisi runner up terbaik Zona ASEAN.

Namun PSM benar harus ekstra kerja keras. Demi menuntaskan misi ini, mereka patut memaksimalkan empat sisa laga dengan poin penuh. Termasuk duel malam ini.

Hal ini lantaran runner up terbaik Zona ASEAN sementara ditempati tim asal Kamboja, Phnom Penh Crown. Meski sebenarnya mereka memiliki 6 poin sama dengan Macarthur FC pemuncak Grup F.

Kendati peluang PSM menang dari Hougang terbuka lebar usai datang dengan kepercayaan tinggi setelah mengakhiri lima kekalahan beruntun. Ini bisa menjadi motivasi melanjutkan tren sebelumnya.

Belum lagi sederet pemain segar kemungkinan bisa dimainkan Bernardo Tavares untuk duel ini. Seperti duet Yuran Fernandes dan Kike Linares di lini pertahanan Pasukan Ramang.

Lini sayap juga mendapat banyak pilihan amunisi. Duet Joao Pedro dan Yance Sayuri bisa menjadi pilihan pelatih. Termasuk peluang topskor PSM, Kenzo Nambu kembali memperkuat kedalaman tim.

Begitu juga Everton Nascimento yang kemungkinan bisa menjadi pilihan mempertajam lini depan dengan duetnya bersama Adilson. Artinya, banyak pilihan Tavares dalam memilih taktikkal yang diinginkan.

Kendati Hougang sangat patut diwaspadai. Tim ini juga baru saja meraih kemenangan di Piala Singapura atas Balestier Khalsa. Termasuk menang dari Hai Phong yang sebelumnya mengalahkan PSM.

FC Juarez sendiri mewakili Singapura di AFC Cup setelah menjuarai Piala Singapura 2022. Mereka erat memainkan strategi dengan mengandalkan ball possession. Salah satu dari tiga tim terbaik di Singapura selain Lion City dan Albirex Niigata.

Pelatih PSM Bernardo Tavares menyebut laga malam ini cukup sulit. Rivalnya punya banyak pemain berpengalaman. Mereka menang di laga terakhir dan juga menang partai terakhir AFC Cup.

Berbeda dengan anak asuhnya yang diakui harus kalah dari dua laganya di AFC. Hasil inilah yang kemudian membuat timnya harus kalah dalam lima laga beruntun.

Meski begitu, Tavares ingin merubah dan memperpanjang statistik positif. Dia yakin anak asuhnya bisa meriah tiga poin perdana.

"Kami ingin mengumpulkan poin. kami tahu itu akan sangat sulit. Namun kami akan mencoba yang terbaik. Saya juga tahu kami tidak bermain di Sulsel, Parepare," ujarnya saat sesi pre match jelang laga, Selasa, 24 Oktober.

Olehnya, juru taktik berpaspor Portugal itu ingin memaksimalkan laga malam ini. Walaupun sebelumnya dia mengaku ingin fokus dipersaingan Liga 1.

Namun dia sadar Adilson CS punya peluang demi menunjukkan PSM sebagai sebagai wakil Indonesia yang bisa bersaing di kompetisi internasional seperti halnya Piala AFC Cup ini.

"Kami harus memberikan yang terbaik dan hasil terbaik. Kami harap besok (malam ini) bisa merubah cerita dari dua laga terakhir di AFC Cup," harap Tavares.

Winger PSM Yance Sayuri mengaku timnya telah mempersiapkan segalanya. Sebab, mereka ingin hasil positif.

"Dua laga sebelumnya (AFC) kami menelan kekalahan. Buat suporter kami yang ada di Indonesia khususnya di makassar tetap dukung kami buat laga ini. Semoga kami bisa meraih hasil yang terbaik," pintanya.

Sementara itu, Pengamat Sepak Bola Syamsuddin Umar menilai kemenangan PSM Makassar di laga melawan Arema FC diharapkan bisa berlanjut di laga ini. Terutama memaksimalkan laga dengan potensi pemain yang ada.

Pelatih yang pernah membawa PSM juara Liga Indonesia 1999/2000 itu ingin Pasukan Ramang bermain rapih. Dari kaki ke kaki, dari sisi kanan dan sebaliknya. Bukan dapat bola diangkat langsung ke depan.

"Intinya jangan terlalu terburu-buru mau mencetak bola. Sepak bola itu kesabaran dan kesabaran itu kemenangan. Tim harus menyiapkan strategi yang tepat apalagi
laga Asia," ungkapnya.

Diketahui, PSM Makassar akan menjamu Hougang United di laga ketiga Piala AFC Cup 2023/2024. Tuan rumah wajib menang demi menjaga kans bersaing lebih lama di pantas Asia.

Kemenangan sangat dibutuhkan Pasukan Ramang. Sebab, mereka satu-satunya tim yang belum meraih satu pun poin di Grup H imbas dua kekalahan sebelumnya.

Duel PSM atas Hougang malam ini pun patut dimaksimalkan. Tim tidak boleh kembali terjegal saat bertindak sebagai tuan rumah meski bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu, 25 Oktober.(fjr./pp)

  • Bagikan