Ini 7 Tanaman Bisa Jadi Pembawa Rezeki, Sudah Disebutkan di Dalam Alquran

  • Bagikan

Pohon Anggur. --ist--

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- tanaman yang ada di rumah perlu menjadiperhatian. yang mana menguntungkan bagi kita dan yang tidak.

Pada tulisan ini, akan membahas beberapa tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang ternyata sudah disebutkan di dalam Al-Qur'an.

Bagi umat muslim, Al-Qur'an dijadikan sebagai penuntun, sumber pengetahuan dan rujukan dalam menjalani kehidupan. Tidak hanya itu saja, ternyata Al-Qur'an juga menjelaskan tentang beberapa tanaman di dalamnya lho.

Ternyata ada banyak tanaman yang disebutkan di dalam Al-Qur'an dan beberapa diantaranya diyakini dapat membawa rezeki bagi pemiliknya. Setidaknya terdapat 7 jenis tanaman yang disebutkan di dalam Al-Qur'an yang dapat membawa rezeki.

Lantas, apa saja tanaman tersebut? Berikut ini adalah 7 tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang sudah disebutkan di dalam Al-Qur'an.

Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam

  1. Tanaman Kurma

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang pertama adalah tanaman kurma atau Phoenix Dactylifera.

Tanaman kurma diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti, sebagai penambah energi, melancarkan pencernan serta mampu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.

Buah kurma sangat bagus dikonsumsi bagia kalian yang sedang menjalani program diet karena buah kurma kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Kurma disebutkan di dalam ayat suci Al-Qur'an dalam surat Maryam ayat 26 yang berbunyi "Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu".

  1. Tanaman Zaitun

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang selanjutnya adalah tanaman zaitun atau Olea Europaea. Pohonnya menghasilkan buah bernama zaitu, sehingga oleh banyak orang sering disebut sebagai pohon zaitun.

Buah zaitun dapat dipadukan dengan berbagai macam jenis makanan, bahkan buah zaitun dapat dibuat menjadi minyak.

Buah zaitun memiliki manfaat antara lain, dapat mengurangi diabetes, mampu memecah batu ginjal hingga dapat menambah nafsu makan.

Tanaman zaitun telah disebutkan berulang kali di dalam Al-Qur'an, dan salah satunya ada di dalam surat An-Nahl ayat 11 yang berbunyi "Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir".

  1. Tanaman Anggur

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang berikutnya adalah tanaman anggur atau Vitis Vinifera.

Buah anggur diyakini memiliki manfaat untuk membantu melancarkan pencernaan, mengurangi resiko terkena serangan jantung hingga mampu mendorong produksi darah.

Tanaman anggur disebutkan di dalam Al-Qur'an pada surat Al-Isra ayat 91 yang berbunyi "Atau engkau mempunyai sebuah kebun kurma dan anggur, lalu engkau alirkan di celah-celahnya sungai yang deras alirannya".

  1. Pohon Pisang

Pohon pisang atau Musa Paradisiaca dianggap sebagai salah satu buah surga sesuai dengan nama latinnya.

Buah pisang diyakini dapat merangsang memori dan mengaktifkan pikiran. selain itu, manfaat lain yang dapat diperoleh setelah mengonsumsi buah pisang yaitu, dapat menurunkan berat badan dan melancarkan sistem pencernaan.

Tanaman pisang telah disebutkan di dalam Al-Qur'an surat Al-Waqiah ayat 29 yang berbunyi "Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya)".

  1. Buah Tin

Tanaman ini sangat istimewa karena disebutkan di dalam Al-Qur'an dan termasuk tanaman yang populer dalam budaya Islam.

Buah tin diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia seperti, dapat membantu penyembuhan diabetes, mencegah munculnya tumor, mencegah penyakit jantung, mengatasi hipertensi, mengobati anemia dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buah tin telah disebutkan di dalam Al-Qur'an surat At-Tin ayat 1 yang berbunyi "Demi buah tin dan buah zaitun".

  1. Pohon Delima

Buah delima diketahui memiliki banyak manfaat yang menguntungkan bagi manusia seperti, dapat menunjang kesehatan fisik dan kecantikan tubuh.

Buah delima telah disebutkan sebanyak tiga kali di dalam Al-Qur'an, yaitu pada surat Al-An'am ayat 99 dan ayat 141 serta surat Ar-Rahman ayat 69. Hal tersebut tentu saja membuat pohon delima begitu istimewa.

  1. Pohon Bidara

Tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang terakhir adalah pohon bidara. Pohon bidara diyakini merupakan tumbuhan surga pembawa berkah yang ada di dunia saat ini.

Di dalam Al-Qur'an, daun bidara dikenal dengan nama daun Sidr. Daun bidara sering sekali digunakan sebagai obat herbal yang dinilai sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan.

Manfaat yang diperoleh dari daun bidara antara lain, yaitu dapat mengeringkan luka diabetes, mempercepat penyembuhan luka, meredam gangguan lambung hingga mampu mengobati keputihan.

Pohon Bidara telah disebutkan di dalam Al-Qur'an surat Al-Waqiah ayat 28 yang berbunyi "Berada di antara pohon bidara yang tak berduri".

Itulah tadi 7 tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang sudah disebutkan di dalam Al-Qur'an. Yakin nih kalian gak tertarik menanam dan memelihara salah satu dari tanaman di atas?(rdrpkl/pp)

  • Bagikan