Mahasiswa KKN-MB IAIN Palopo Sukses Laksanakan FGD di Lamasi

  • Bagikan

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, WALMAS-- Mahasiswa KKN-MB IAIN Palopo Angkatan XLIV Tahun 2023 yang tergabung dalam Kelompok 38 Posko Setiarejo, Kec. Lamasi, Kab. Luwu, sukses melaksanakan Fokus Grup Discussion (FGD).

Sebagaimana rilis, kegiatan ini dilaksanakan bBersama tokoh masyarakat, Karang Taruna, persatuan majelis taklim, Pengurus Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), serta perangkat Desa Setiarejo di Kantor Desa Setiarejo, pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Kegiatan FGD dilaksanakan guna meningkatkan peran tokoh masyarakat dan perangkat desa untuk berdiskusi dan memberikan pendapat terkait rencana program kerja yang telah di rancang oleh mahasiswa KKN kelompok 38. FGD sendiri merupakan suatu kegiatan diskusi atau musyawarah yang dilakukan untuk mengumpulkan beberapa pendapat yang mendalam tentang sebuah topik.

Kegiatan ini dipimpin oleh moderator yang berasal dari anggota KKN Kelompok 38 yakni Isdayanti yang juga merupakan sekretaris di posko 38.

Dalam kegiatan tersebut hadir beberapa tokoh masyarakat seperti imam masjid Desa Setiarejo, Karang Taruna Desa Setiarejo, ibu-ibu Persatuan Majelis Taklim, ibu-ibu PKK Desa Setiarejo, kepala sekolah di Desa Setiarejo, petugas kesehatan Desa Setiarejo, dan perangkat desa lainnya. Selain itu, juga hadir Babinsa Desa Setiarejo, pak Mesdy yang memberikan pesan dalam sambutannya,

"Dengan adanya mahasiswa KKN-MB IAIN Palopo di desa, dapat dipastikan bahwa ini mencerminkan bahwa Desa Setiarejo merupakan desa yang mempunyai gambaran yang baik sehingga menjadi salah satu desa yang dipilih oleh kampus IAIN Palopo untuk dijadikan daerah pengabdian mahasiswa. Hal tersebut tentunya menghasilkan gambaran bahwa desa harus senantiasa memberikan support terhadap kegiatan mahasiswa KKN," jelas Mesdy dalam sambutannya.

Selain itu, Mesdy juga memberikan pesan agar mahasiswa senantiasa menjaga kesehatan. ''Di tengah cuaca yang panas saat ini, wajib bagi para mahasiswa KKN agar senantiasa menjaga kesehatan agar pelaksanaan proker dapat berjalan dengan lancar," tambahnya.

Terdapat beberapa perangkat desa yang juga turut hadir dalam kegiatan ini salah satunya yakni Yasni SAN selaku sekretaris desa. Selain itu, juga hadir Sudirman Arifin Gasong SH yang mewakili Camat Lamasi dalam kegiatan tersebut.

"Program kerja yang diprogramkan adek-adek mahasiswa KKN-MB IAIN Palopo Tahun 2023 Posko 38 merupakan program kerja yang lebih banyak mengarah kepada pemberdayaan serta peningkatan kualitas sumber daya manusia di Desa Setiarejo, seperti peningkatan karakter dan skill generasi muda, sehingga hal ini harus terus dukung oleh seluruh masyarakat sehingga tujuan yang ingin di capai dapat maksimal," pesan Sudirman dalam forum FGD tersebut.

Terdapat 12 program kerja yang telah disusun oleh mahasiswa KKN-MB IAIN Palopo Tahun 2023 Posko 38. Yakni pendidikan karakter pancasila bagi anak sekolah dasar, enterpreneur workshop, seminar akbar moderasi beragama, public speaking training, MASAR (Mengajar Anak Sekolah Dasar).

Lalu senam sehat dan Baksos, penyuluhan kesehatan pencegahan stunting 4T, festival anak Indonesia, pendataan dan pembuatan infografis profil desa, pengajian, dan rumah Quran, serta pembuatan taman Toga sebagai pemanfaatan pekarangan kosong masyarakat.


Dalam FGD tersebut, seluruh perangkat desa dan tokoh masyarakat yang hadir aktif memberikan saran dan masukan terkait program kerja yang di didiskusikan, dan pada akhirnya menerima dan menyetujui program kerja KKN Kelompok 38 serta berharap program kerja ini dapat berjalan dengan lancar hingga akhir. (ikh)

  • Bagikan