Victor Mansaray Daya Gedor PSM yang Baru, Ini Profilnya…

  • Bagikan
Pemain baru PSM Makassar, Victor Mansaray (foto: dok media officer PSM Makassar)

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR-- Akhirnya PSM Makassar secara resmi memperkenalkan rekrutan anyarnya untuk putaran kedua Kompetisi musim 2023-2024.

Pemain tersebut adalah Victor Mansaray yang akan mengisi slot pemain asing yang ditinggal oleh pemain sebelumnya yakni Wiljan Pluim.

Untuk posisi dari Victor Mansaray sendiri ia bisa bermain di beberapa posisi, mulai dari gelandang, winger hingga posisi utamanya yakni penyerang.

“PSM Makassar resmi mengontrak Victor Mansaray. Pemain berposisi striker itu menjadi rekrutan pertama Pasukan Ramang di putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024,” tulis keterangan resmi PSM Makassar, Minggu (29/10/2023).

Untuk saat ini, pemain asal Amerika Serikat itu sudah menjalani tes medis dan proses administrasi lainnya serta diikat kontrak setengah musim atau hingga akhir musim ini.

“Manajemen Tim Ayam Jantan dari Timur, mengontrak Victor Mansaray hingga akhir kompetisi musim ini. Setelah proses administrasi kontrak dan tes kesehatan tuntas dilakukan,” ungkap keterangan tersebut.

Dengan kehadiran Victor Mansaray di PSM Makassar, ini membuka peluang dirinya bakal bermain di posisi yang sebelum sering diisi oleh Wiljan Pluim.

Menanggapi kemungkinan ini, pengamat sepakbola Budiardjo Thalib pun menyebut dengan kehadiran pemain baru ini bakal membuat banyak opsi untuk Bernardo Tavares khususnya di lini depan.

“Dengan hadirnya pemain baru ini, tentunya pelatih Bernardo Tavares punya tiga pilihan pemain asing di lini depan,” kata Budiardjo Thalib saat dihubungi Fajar.co.id (grup palopopos), Minggu, 29 Oktober 2023.

Budiardjo bahkan menyebut Victor Mansaray yang baru saja di perkenalkan bisa menjadi salah satu opsi untuk mengisi posisi yang sering di tempati oleh Wiljan Pluim.

Apalagi menurutnya untuk saat ini sejak di tinggal Pluim hengkang, Ia merasa pelatih Bernardo Tavares membutuh sosok pemain yang bisa mengisi posisi tersebut.

“Mungkin saja dengan hadirnya, beberapa pilihan posisi nanti bisa di mainkan salah satunya yah memainkan peran dari Wiljan Pluim sendiri itu tentunya,” ungkapnya.

“Bukan cuma itu saja, Bernardo Tavares juga bisa memainkan beberapa opsi lain juga. Apalagi sejak di tinggal Pluim tentunya di butuh sosok untuk mengisi posisi kosong itu,” pungkasnya.

PROFIL VICTOR

Victor Mansaray Jebolan Timnas Amerika Serikat

Dikutip dari transfermarkt, Victor Mansaray merupakan pemain kelahiran Freetown, Sierra Leone pada 22 Februari 1997. Meski begitu, Victor Mansaray tercatat sebagai pemain berkewarganegaraan Amerika Serikat.

Hal itu pula menjadikannya berkesempatan membela Timnas Amerika Serikat. Victor Mansaray bermain bersama Timnas Amerika Serikat U-18 pada 2014 dengan mencatat 11 penampilan.

Kemudian pada 2015, Victor Mansaray naik level ke Timnas Amerika Serikat U-20. Victor Mansaray berkontribusi dengan bermain 14 laga dan mencetak 1 gol.

Di level klub, Victor Mansaray menimba ilmu di akademi Seattle Sounders. Kemudian ia promosi ke klub senior pada 2015 yang bermain di Divisi Pertama kompetisi sepakbola Amerika Serikat dan mempersembahkan trofi MLS Cup Champions di musim 2015/2016.

Karier Victor Mansaray di Amerika Serikat tidak lama, hingga dirinya hengkang Umea FC, klub asal Swedia. Di sana, Victor Mansaray hanya bertahan selama semusim hingga akhirnya pindah ke Vietnam.

Di Vietnam menjadi negara paling lama Victor Mansaray berkarier. Tercatat Victor Mansaray memperkuat 4 klub berbeda di Vietnam.

Mulai dari Becamex Binh Duong (2019), Hong Linh Ha Tinh (2020), Thep Xanh Nam Dinh (2022), dan Ho Chi Minh City (2023). Hingga Victor Mansaray tercatat berstatus tanpa klub saat ini.

Meski berstatus tanpa klub, pasaran Victor Mansaray masih tergolong tinggi. Melansir dari transfermarkt, Victor Mansaray memiliki nilai pasar yang mencapai Rp 3,04 miliar.

Biodata Victor Mansaray

Nama Lengkap: Victor Mansaray
Tanggal Lahir: 22 Februari 1997
Tempat Kelahiran: Freetown, Sierra Leone
Usia: 26 Tahun
Tinggi: 180 cm
Kewarganegaraan: Amerika Serikat
Posisi: Penyerang
Harga Pasaran: Rp 3,04 Miliar (Transfermarkt)

Karier Klub

2015-2017: Seattle Sounders
2017: FC Cincinnati (Pinjaman)
2017: Umea FC
2018: Charleston Battery
2019: Becamex Binh Duong
2020: Hong Linh Ha Tinh
2020-2021: Becamex Binh Duong
2022: Thep Xanh Nam Dinh
2023: Ho Chi Minh City
2023-sekarang: Tanpa Klub

Karier Tim Nasional
2014: Timnas Amerika Serikat U-18
2015: Timnas Amerika Serikat U-20. (fjr/pp)

  • Bagikan