Mantan Kadis Pariwisata Mewacana Maju Pilkada Torut

  • Bagikan
Drs Innosentius Rantesapan, MM Bacalon Bupati Torut

Innosentius Rantesapan: Potensi Torut adalah Pariwisata!

PALOPOPOS.FAJAR.CO.ID, RANTEPAO --- Nama Drs Innosentius Rantesapan, MM diwacanakan teman-teman dan koleganya maju di Pilkada Toraja Utara 2024.

Ia dinilai layak maju sebagai balon bupati Toraja Utara. Selain karena pengalaman di bidang pemerintahan, ia juga paham betul bagaimana membangun pariwisata Toraja Utara. "Kami melihat figur Pak Innosentius pantas maju di Pilkada Torut," tandas salah seorang kolega dekat Innosentius.

Informasi ada dorongan dari teman-teman dan koleganya sampai ke telinga Innosentius. "Pernah memang ada yang datangi saya. Meminta kesediaan untuk jadi balon bupati," ujar Drs Innosentius Rantesapan, MM, kepada Palopo Pos, Ahad 29 Oktober 2023.

Jawaban Innosentius cukup mengagetkan dan mencengangkan. "Saya tanya atas dasar pertimbangan apa sehingga meminta maju di Pilkada Torut," ucapnya.
Ia paham betul orang maju pilkada harus memiliki "isi tas". "Karena orang mencari figur dengan terlebih dulu mengetahui isi tasnya. Itu tidak ada pada saya," terang dia.
Lanjutnya, tetapi malah koleganya yang datang itu meminta dirinya untuk menggambarkan sedikit bagamana Toraja Utara dibangun infrastrukturnya dengan hanya mengandalkan APBD.

"Lalu, saya sampaikan bahwa Toraja Utara harus direncanakan sesuai potensi yang dimiliki yaitu pariwisata," tandas Innosentius.

Membangun Toraja Utara dengan sektor pariwisata, Innosentius sangat paham betul. Itu karena dia pernah jadi kepala dinas kebudayaan dan pariwisata. "Jadi memang Inilah andalan kita," tegasnya.

Mengingat Toraja Raya dalam hal ini Tana Toraja dan Toraja Utara adalah salah satu Kawasan Strategi Pariwisata Nasional berdasarkan PP No. 50 tahun 2013 yang telah ditindaklanjuti dengan rencana pembangunan infrastruktur KSPN baik dari kementerian pariwisata maupun dari Kementerian PUPR tentang KSPN TORAJA yang bebasis budaya dan pegunungan yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Sebagai gambaran bahwa pernah Menteri Pariwisata kala itu Mari Elka Pangestu menyampaikan kepada Sorring kala itu bupati Toraja Utara, kalau Toraja dikeluarkan dari KSPN Toraja andalkan apa untuk memasukkan infrastruktur.

Lantas bagaimana kesediaan maju di Pilkada Torut? Setelah melihat dinamika yang ada, Innosentius akhirnya memutuskan untuk maju. "Inilah yang membuat kesediaan saya untuk mau jadi balon bupati Toraja Utara," tegas dia.

Siapa Innosentius? Pernah jadi lurah, pernah camat Sanggalangi dan Makale, pernah kepala kantor pembangunan kasyarakat desa, pernah kabag pemdes. Kemudian pernah kalepala BPMPD/L, pernah asisten I, dan terakhir pernah kadis kebudayaan dan pariwisata. (ary)

  • Bagikan